RPP & silabus smp kurikulum 2013 revisi 2017 Hots, PPK, LIterasi, 4c Lengkap IPA, Matematika, PKN, Prakarya, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia
Admin bagikan contoh RPP dan silabus matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PKN, Penjaskes, Seni Budaya, Prakarya dan Agama Islam smp kurikulum 2013 edisi revisi 2017 format word ini karena sangat penting dalam membuat rencana pelakasanaan pembelajaran (RPP) kelas 7, 8 & 9 Tahun semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 nanti.
Bapak ibu guru tentunya telah mengetahui bahwa RPP k13 SMP edisi revisi tahun 2017 harus dibuat berdasarkan silabus revisi 2017. Mengapa? karena didalam rpp terbaru harus memunculkan 4 (empat) poin penting yaitu PPK, Hots, Literasi dan 4c. Mengenai penjelasan keempat poin tersebut bisa anda pelajari lebih lanjut di artikel kami yang berjudul Perubahan Kurikulum 2013 revisi 2017.
Untuk lebih jelasnya berikut kami bagikan contoh silabus k13 smp yang telah direvisi tahun 2017 untuk kelas 7, 8 dan 9 sebagai referensi anda.
RPP dan SILABUS k13 REVISI 2017 UNTUK SMP LENGKAP Semua mata pelajaran SILAHKAN KLIK - SIMPAN FILE DOC
Pertama berikut Model silabus kelas 7 k13 SMP revisi 2017, bisa anda lihat dibawah kami contohkan silabus bahasa inggris.
A.
Kelas
|
|
|
|
: VII
(Tujuh)
|
|
|
|
|
||
Alokasi
Waktu : 8 Jam Pelajaran ( 4 Pertemuan)
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||
Kompetensi Dasar
|
|
Materi Pokok dan
|
|
|
Kegiatan
|
Penilaian
|
||||
|
|
|
|
|
Materi
Pembelajaran
|
|
|
Pembelajaran
|
|
|
3.7
|
|
|
|
Fungsi
sosial
|
|
-
|
Membaca
beberapa teks
|
Cara
menilai
|
||
membandingkan
|
Fungsi
|
|
|
|
|
deskriptif
tentang orang,
|
||||
-
|
Membanggakan
|
|
|
Penilaian
|
|
|||||
|
|
binatang-binatang
dan
|
|
|||||||
sosial,
struktur teks, dan
|
|
seseorang,
|
|
|
dilakukan
|
pada
|
||||
|
|
|
benda
di sekitar satuan
|
|||||||
unsur
|
Kebahasaan
|
-
|
mempromosikan
|
|
|
tiga
|
unsur
|
|||
|
|
pendidikan
dengan atau
|
||||||||
beberapa
|
teks
|
Deskriptif
|
|
benda
tertentu,
|
|
|
kompetensi,
|
|||
|
|
|
tanpa
media.
|
|||||||
lisan dan
|
tulis
|
Dengan
|
-
|
mengenalkan
binatang
|
|
|
yaitu
|
sikap,
|
||
|
|
|
||||||||
memberi
|
dan
|
meminta
|
|
kesayangan
|
|
-
|
Bertanya
tentang
|
pengetahuan,
|
||
informasi
terkait dengan
|
Struktur
teks
|
|
|
informasi
yang terkait di
|
dan
|
|
||||
deskripsi
|
|
|
orang,
|
|
|
dalam
teks tersebut
|
keterampilan
|
|||
binatang,
|
dan
|
benda
|
Mencakup:
|
|
|
(fungsi
sosial, struktur
|
Sikap
|
|
||
sangat
|
pendek
|
dan
|
-
|
identifikasi
|
|
|
teks
dan unsur
|
Observasi
|
||
sederhana,
|
|
sesuai
|
|
|
kebahasaan)
|
terhadap
|
sikap
|
|||
|
|
|
|
|
||||||
dengan
|
|
konteks
|
-
|
deskripsi
tentang sifat
|
|
-
|
Mempelajari
fungsi
|
yang menonjol
|
||
penggunaannya
|
|
|
orang,
tempat,
|
|
selama
|
proses
|
||||
|
|
|
|
sosial,
struktur teks dan
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Kelas
|
|
|
: VIII
(Delapan)
|
|
|
|
|
|
|||
Alokasi
Waktu : 8 Jam Pelajaran ( 4 Pertemuan)
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
|
Materi Pokok dan
|
|
|
Kegiatan
|
Penilaian
|
|||||
|
|
|
|
|
Materi
Pembelajaran
|
|
|
Pembelajaran
|
|
|
|
3.8
|
|
|
|
Fungsi
sosial
|
|
-
|
Menyimak
dan
|
Cara menilai
|
|
||
|
|
|
|
Penilaian
|
|
||||||
menerapkan
|
fungsi
|
|
|
|
|
menirukan
guru
|
|
||||
Menjelaskan,
|
|
|
dilakukan
|
pada
|
|||||||
|
|
menyebutkan
tindakan,
|
|||||||||
sosial,
struktur teks, dan
|
mendeskripsikan
|
|
|
tiga
|
|
unsur
|
|||||
|
|
kegiatan
yang sedang
|
|
||||||||
unsur
|
kebahasaan
teks
|
|
|
|
|
kompetensi,
|
yaitu
|
||||
Struktur
teks
|
|
|
dilakukan
di kelas,
|
||||||||
interaksi
|
transaksional
|
|
|
sikap,
|
|
|
|||||
lisan
|
dan
|
tulis
|
yang
|
-
|
Memulai
|
|
|
sekolah, dan rumah pada
|
pengetahuan, dan
|
||
|
|
saat
diucapkan, dengan
|
|||||||||
melibatkan
|
tindakan
|
|
|
|
|
keterampilan
|
|||||
-
|
Menanggapi
|
|
|
ucapan
dan tekanan kata
|
|||||||
memberi dan
meminta
|
|
|
|
|
|
||||||
|
(diharapkan/di
luar
|
|
|
yang
benar
|
|
|
|
||||
informasi
|
|
terkait
|
|
|
|
Sikap
|
|
|
|||
|
|
dugaan)
|
|
|
|
|
|
||||
keadaan/tindakan/
|
|
|
|
-
|
Mengidentifikasi
|
Observasi
|
|
||||
|
|
|
|
|
|||||||
kegiatan/kejadian
|
yang
|
Unsur
kebahasaan
|
|
|
ungkapan-ungkapan
yang
|
terhadap
|
sikap
|
||||
sedang
|
|
|
-
|
Kalimat
deklaratif dan
|
|
|
menunjukkan
kejadian
|
yang
|
menonjol
|
||
dilakukan/berlang-sung
|
|
|
yang
sedang terjadi
|
selama
|
proses
|
||||||
|
interogatif dalam
|
|
|
||||||||
saat
|
diucapkan,
|
sesuai
|
|
|
-
|
Bertanya
jawab untuk
|
pembelajaran,
|
||||
|
Present Continuous
|
|
|||||||||
dengan
|
konteks
|
|
|
baik
yang positif
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
Tense
|
|
mengetahui tindakan,
|
maupun
|
yang
|
||||
(Perhatikan
|
unsur
|
-
|
What are you doing?
|
|
kegiatan yang sedang
|
negatif
|
yang
|
|||
kebahasaan
|
present
|
|
dilakukan
oleh anggota
|
dicatat
|
dalam
|
|||||
|
I’m writing a poem.
|
|
||||||||
continuous tense)
|
|
-
|
|
keluarga
mereka
|
buku
jurnal.
|
|||||
|
|
|
-
|
And you are?
|
-
|
Menyebutkan
tindakan,
|
Pengetahuan
|
|||
4.8
|
|
|
|
Nothing. I’m not
|
|
kegiatan
yang sedang
|
||||
|
|
-
|
|
penilaian
|
lisan
|
|||||
|
|
|
dilakukan
yang tampak
|
|||||||
menyusun
teks interaksi
|
|
doing anything.
|
|
/tertulis
|
yang
|
|||||
|
|
pada tampilan visual (a.l.
|
||||||||
|
|
|
mencakup:
Fungsi
|
|||||||
transaksional lisan
|
dan
|
-
|
Adverbia:
now
|
|
gambar,
video)
|
|
||||
|
|
social,
|
Struktur
|
|||||||
tulis
sangat pendek dan
|
-
|
Nomina
singular dan
|
|
Membuat
teks pendek
|
||||||
-
|
teks dan
|
Unsur
|
||||||||
sederhana
|
|
yang
|
||||||||
|
|
plural dengan atau
|
|
berdasarkan tampilan
|
kebahasaan
|
|||||
melibatkan
|
tindakan
|
|
|
|||||||
|
tanpa a, the, this,
|
|
visual
lainnya
|
|
|
|
||||
memberi dan
|
meminta
|
|
|
|
|
|
||||
|
those, my, their, dsb.
|
|
|
|
Keterampilan
|
|||||
informasi
|
terkait
|
|
-
|
Saling
menyimak dan
|
||||||
|
|
Penilaian
|
praktik
|
|||||||
keadaan/tindakan/
|
|
-
|
Ucapan,
tekanan kata,
|
|
bertanya
jawab tentang
|
|||||
|
|
memberi
|
dan
|
|||||||
kegiatan/kejadian
|
yang
|
|
intonasi,
ejaan, tanda
|
|
teks
masing-masing
|
|||||
|
|
meminta
|
|
|||||||
sedang
|
|
|
|
baca,
dan tulisan
|
|
dengan
teman-temannya
|
|
|||
|
|
|
|
informasi
|
terkait
|
|||||
dilakukan/berlang-sung
|
|
tangan
|
|
Melakukan
|
refleksi
|
|||||
|
|
keadaan/tindakan/
|
||||||||
saat
diucapkan,
|
dengan
|
|
|
|
||||||
Topik
|
|
tentang
proses
|
dan hasil
|
kegiatan/kejadian
|
||||||
memperhatikan
|
fungsi
|
|
||||||||
sosial,
struktur teks, dan
|
Kegiatan
dan kejadian
|
|
belajarnya
|
|
yang
|
sedang
|
||||
|
|
|
dilakukan/berlang
|
|||||||
unsur
kebahasaan
|
yang
|
yang
sedang
|
|
|
|
|||||
|
|
|
-sung
|
saat
|
||||||
benar
dan sesuai konteks
|
berlangsung
di rumah,
|
|
|
|
||||||
|
|
|
diucapkan,
|
|||||||
|
|
|
sekolah
dan di daerah
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
sekitar
satuan
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
pendidikan.
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Kelas
|
|
|
: IX
(Sembilan)
|
|
|
|
|
|||
Alokasi
Waktu : 8 Jam Pelajaran ( 4 Pertemuan)
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan
|
|
|
Kegiatan
|
Penilaian
|
|||||
|
|
|
|
Materi
Pembelajaran
|
|
|
Pembelajaran
|
|
|
|
3.10
|
membandingkan
|
|
|
|
|
|
Cara menilai
|
|||
|
|
|
|
|
Penilaian
|
|
||||
fungsi
sosial, struktur
|
Fungsi
sosial
|
|
-
|
Mencermati
contoh
|
|
|||||
|
dilakukan
|
pada
|
||||||||
teks,
|
|
dan
|
unsur
|
Mempromosikan
|
|
|
iklan
pendek dan
|
tiga
|
unsur
|
|
kebahasaan
beberapa
|
|
|
||||||||
|
|
sederhana
tentang
|
kompetensi,
|
|||||||
teks
|
khusus
|
dalam
|
produk
dan jasa
|
|
|
|||||
|
|
produk
dan jasa terkait
|
yaitu
|
sikap,
|
||||||
bentuk
|
iklan dengan
|
Struktur
Teks
|
|
|
||||||
|
|
dengan kehidupan
|
pengetahuan,
|
|||||||
memberi dan meminta
|
Mencakup:
|
|
|
siswa di
sekitar satuan
|
dan
|
|
||||
informasi
|
terkait
|
|
|
|
||||||
|
|
pendidikan
.
|
keterampilan
|
|||||||
produk
|
dan
|
jasa,
|
-
|
Visual
|
|
|
||||
|
-
|
Mengidentifikasi
|
|
|
||||||
sesuai dengan konteks
|
|
|
|
|||||||
-
|
Logo
|
|
Sikap
|
|
||||||
penggunaannya
|
|
|
|
bagian-bagian iklan
|
|
|||||
4.10
|
|
|
|
-
|
Headline
|
|
|
dan ungkapan
atau kata
|
Observasi
|
|
|
|
|
|
|
terhadap
|
sikap
|
||||
|
|
|
|
|
yang
digunakan dengan
|
|||||
menangkap
|
makna
|
-
|
Sub-headline
|
|
|
yang
menonjol
|
||||
|
|
menggunakan
tabel
|
Kedua, beriktu ini contoh RPP REvisi 2017 SMP Mapel Bahasa Inggris, hanya model saja.
Langkah
|
|
Alokasi
|
Pembelajara
|
Deskripsi
|
Waktu
|
n
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
|
Siswa,
dengan bimbingan guru:
|
10’
|
|
|
|
Kegiatan
|
Siswa,
dengan bimbingan guru:
|
10’
|
|
Penutup
|
-
|
membahas
manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan,
|
|
|
-
|
membahas
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran,
|
|
|
-
|
menyimpulkan
hasil pembelajaran,
|
|
|
-
|
menyebutkan
tugas rumah untuk membuat draft untuk
|
|
|
|
mendeskripsikan
dua orang atau tokoh yang dapat dibanggakan
|
|
|
|
untuk
dibawa pada pertemuan berikutnya.
|
|
Langkah
|
|
Alokasi
|
Pembelajara
|
Deskripsi
|
Waktu
|
n
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
|
Siswa,
dengan bimbingan guru:
|
10’
|
Pendahulua
|
- mengucapkan
salam dan tegur sapa
|
|
|
|
|
-
|
menunjukkan
kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar
|
|
|
|
|
yang
kondusif
|
|
|
-
|
menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
|
|
-
|
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
|
Selama
proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif,
|
60’
|
|
Inti
**)
|
bekerja
sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
|
|
|
|
-
|
menempelkan
hasil karyanya di dinding
|
|
|
-
|
saling
membaca dan memberi komentar dan masukan untuk
|
|
|
|
perbaikan
tulisan masing-masing.
|
|
|
Selama
proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan
|
|
|
|
balikan
dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur
|
|
|
|
kebahasaan
yang digunakan secara clisan dan tulis.
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
|
Siswa,
dengan bimbingan guru:
|
10’
|
|
Penutup
|
-
|
membahas
manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan,
|
|
|
-
|
membahas
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran,
|
|
|
-
|
menyimpulkan
hasil pembelajaran,
|
|
|
-
|
menyebutkan
bentuk tes hasil belajar yang akan diberikan,
|
|
|
-
|
menyebutkan
tugas rumah: memperbaiki draf tulisan masing-
|
|
|
|
masing
yang sudah mendapat komentar dan balikan dari teman-
|
|
|
|
temannya,
untuk membuta draftkemudian memasukkannya ke
|
|
|
|
dalam
dokumen portofolio masing-masing,
|
|
|
-
|
pembelajaran
pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
|
|
Sikap
|
:
Observasi
|
|
Pengetahuan
|
:
penggunaan rubrik untuk mengukur ketercapaian fungsi sosial,
|
|
kelengkapan dan keruntutan struktur teks, dan ketepatan
unsur kebahasaan yang tampak
|
|
|
pada
proses dan hasil belajar.
|
|
Keterampilan
|
: Unjuk
kerja dalam bentuk tindakan komunikatif lisan dan karya
|
|
|
tertulis
|
|
|
Indikator
|
|
Soal
|
Tehnik/Bentuk
|
|
|
Penilaian
|
||
|
|
|
|
|
Fungsi
sosial
|
Read
the text and answer the
|
|
||
-
|
menentukan
(menyebutkan
|
questions below.
|
|
|
1. What is the text written for?
|
|
|||
|
lisan/tulis,
memilih) tujuan dari
|
|
||
|
|
|
|
|
|
beberapa
teks pendek dan
|
|
|
|
|
sederhana
tentang orang/ tokoh
|
|
|
|
|
yang berbeda,
|
|
|
|
-
|
menentukan
(menyebutkan
|
2.
|
What is
the text about?
|
|
|
lisan/tulis, memilih) fokus yang
|
|
|
|
|
dibicarakan
dalam masing-
|
|
|
|
|
masing
deskripsi,
|
|
|
|
-
|
menentukan
(menyebutkan
|
|
|
|
|
lisan/tulis,
memilih) pembaca
|
3.
|
Who
would like to read the text?
|
|
|
yang
akan tertarik membaca
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
Jumla
|
Skor
|
|
|
|
h
|
Perol
|
|
|
|
Soal
|
ehan
|
|
|
|
|
|
Isi
|
Sangat
sesuai
|
3
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
Sesuai
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kurang
sesuai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
Struktur
teks
|
Benar
dan Tepat
|
3
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
Benar
tapi kurang tepat
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kurang
tepat
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Unsur
kebahasaan
|
Sangat
tepat
|
3
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tepat
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kurang
tepat
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
Akhir = Nilai perolehan : Total Skor x 100
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rentang Skor
|
Skor
|
|
KRITERIA
|
Deskripsi
|
Perolehan
|
||
|
||||
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap
|
(89 –
100)
|
...
|
|
secara
lisan
|
dan
unsur kebahasaan sesuai
|
|
|
|
|
Lancar
dan kosa kata dan kalimat berkembang,
|
(76-88)
|
...
|
|
|
serta
ada transisi
|
|
|
|
|
Sesekali
melihat teks, kosa kata terbatas tapi
|
(61-75)
|
...
|
|
|
lancar
|
|
|
|
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak
|
(0-60)
|
...
|
|
|
lancar
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
Menulis
Teks
|
Fungsi
sosial tercapai, struktur dan unsur
|
(89 –
100)
|
...
|
|
|
kebahasaan
tepat disertai gambar yang menarik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Fungsi
sosial tercapai, struktur tepat dan unsur
|
(76-88)
|
...
|
|
|
kebahasaan
ada yang kurang tepat, ada gambar
|
|
|
|
|
cukup
menarik
|
|
|
|
|
Fungsi
sosial tercapai, struktur dan unsur
|
(61-75)
|
...
|
|
|
kebahasaan
kurang tepat, ada gambar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Fungsi
sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan
|
(0-60)
|
...
|
|
|
struktur
tidak sesuai, tidak ada gambar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
...
|
|
|
|
|
|
Demikian share rpp dan silabus k13 smp revisi 2017 format doc. Semoga bermanfaat
Post a Comment for "RPP & silabus smp kurikulum 2013 revisi 2017 Hots, PPK, LIterasi, 4c Lengkap IPA, Matematika, PKN, Prakarya, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.