Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

rpp bahasa inggris smp kelas 7, 8, 9 kurikulum 2013 revisi 2017 Semester 1 & 2 (HOTS, PPK, Literasi & 4c)

Sahabat guru yang mengajar di Sekolah pelaksana k13. Kami yakin anda pasti sedang sibuk mencari rpp bahasa inggris smp kelas 7 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 yang telah di revisi tahun 2017. Jika demikian anda telah datang ke tempat yang tepat, karena postingan ini akan memberikan file lengkap contoh rpp k13 kelas 7 terbaru yang telah terintegrasi 4 (empat) poin penting yakni HOTS, PPK, Literasi & 4c

Untuk lebih jelasnya ini dia contoh rpp bahasa inggris smp kurikulum 2013 edisi revisi 2017. sedangkan kelas 8 dan 9 akan saya bagikan pada postingan berikutnya.

CONTOH RPP: TEKS FUNGSIONAL

Materi Pokoknya adalah Teks Deskriptif mata pelajaran bahasa inggris. sesuai silabus k13 smp yang telah direvisi tahun 2017

a.         Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi Kompetensi Dasar


3.7    Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.7.     Teks Deskriptif

4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks


Indikator Pencapaian Kompetensi

Siswa dapat mengomunikasikan secara terintegrasi lisan dan tulis tentang deskripsi orang

(termasuk diri sendiri), tokoh, untuk tujuan membanggakan/mempromosikan/mengenalkan/mengambil teladan, secara kontekstual, terkait ketiga aspek teks berikut ini:

Fungsi Sosial

Menentukan (menyebutkan/memilih) secara lisan dan tulis:

-      tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,

-      fokus yang dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,

-      pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi,

-      manfaat yang dapat dipetik dari masing-masing deskripsi.

Struktur teks

menentukan (menyebutkan/menyalin/membacakan) secara lisan dan tulis:

-      nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya,

-      karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,

-      kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh,

-      aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh

Unsur kebahasaan

menentukan (menyebutkan/menyalin/membacakan) secara lisan dan tulis unsur-unsur kebahasaan yang mendukung cara pendeskripsian orang/tokoh:
-      makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),

-      tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),

-      ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,

-      ejaan dan tanda baca yang benar,

-      tulisan tangan yang rapih dan benar.

b.        Tujuan Pembelajaran

Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat mengomunikasikan secara terintegrasi lisan dan tulis tentang deskripsi orang (termasuk diri sendiri) dan tokoh, untuk tujuan membanggakan/mempromosikan/ mengenalkan/mengambil teladan, secara kontekstual dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat.




35



c.         Materi Pembelajaran

Beberapa teks deskriptif tentang orang/tokoh yang berbeda, dalam tiga aspek teks berikut ini, secara kontekstual, terintegrasi secara lisan dan tulis:

Fungsi sosial

Tindakan komunikatif menentukan (menyebutkan/memilih):

-      tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,

-      fokus yang dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,

-      pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi,

-      manfaat yang dapat dipetik dari masing-masing deskripsi.

Struktur teks

Tindakan komunikatif menentukan (menyebutkan/memilih):

-      nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya,

-      karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,

-      kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh,

-      aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh

Unsur kebahasaan

Tindakan menggunakan unsur-unsur kebahasaan dalam melaksanakan tindakan-tindakan komunikatif tersebut di atas:
-      makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),

-      tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),

-      ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,

-      ejaan dan tanda baca yang benar,

-      tulisan tangan yang rapih dan benar


d.        Metode Pembelajaran

5 M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)


e.         Media/alat dan Bahan

Media/Alat : Video, laptop, LCD, realia, gambar

Teks: autentik atau mendekati autentik


f.         Sumber Belajar

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings The Bell, SMP/Mts Kelas VII, hal 146 sd 163, dan sumber lain yang sesuai


g.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


1.   Pertemuan Pertama: (2JP)


Langkah

Alokasi
Pembelajara
Deskripsi
Waktu
n





Kegiatan
Siswa, dengan bimbingan guru:
10’






Pendahulua

-
mengucapkan salam dan tegur sapa


n

-
menunjukkan kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar





yang kondusif




-
bertanya jawab tentang deskripsi (a.l. nama, karakteristik,





kebiasaan) orang




-
menyebutkan tujuan pembelajaran




-
menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan







Kegiatan

Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif,
60’

Inti **)

bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:




-
menyimak secara interaktif guru membacakan beberapa teks





(sedikitnya 3), satu per satu (siswa tidak membaca teks),




-
bertanya jawab tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur





kebahasaan dari masing-masing teks secara umum, sekilas,




-
menulis ketiga teks, satu per satu, secara lengkap dengan





didektekan guru secara terbimbing




-
mempresentasikan hasil tulisannya ke seluruh kelas (misal, dengan





dipampang di dinding)




-
memberi masukan terhadap hasil tulisan kelompok lain




-
memasukkan hasil tulisannya ke dalam file portofolio




Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan




balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur




kebahasaan yang digunakan secara clisan dan tulis.







Kegiatan

Siswa, dengan bimbingan guru:
10’

Penutup

-
membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan








-
membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran




-
menyimpulkan hasil pembelajaran




-
menyebutkan tugas rumah untuk membaca teks yang ditulisnya





dengan ucapan dan intonasi yang benar




-
menyebutkan kegiatan dan topik rencana pembelajaran untuk





pertemuan berikutnya





2.  Pertemuan kedua: (.2 JP)








Langkah


Deskripsi
Aloka-si

Pembelajaran


Waktu










Kegiatan

Siswa, dengan bimbingan guru:
10’

Pendahuluan

-
mengucapkan salam dan tegur sapa





-
menunjukkan kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar






yang kondusif





-
mereview pembelajaran yang lalu





-
menyebutkan tujuan pembelajaran





-
menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan







Kegiatan  Inti

Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif,
60’
**)


bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:





-
dalam kelompok, siswa saling membacakan masing-masing teks






yang telah ditulisnya pada pertemuan yang lalu secara lisan






dengan memperhatikan kebermaknaan, intonasi, ucapan, dan






tekanan kata





-
bertanya jawab secara rinci tentang fungsi sosial (tujuan, topik,






pembaca sasaran dan manfaat) teks-teks yang telah dibaca






tersebut, satu per satu, untuk diisikan ke dalam tabel.


Langkah








Alokasi
Pembelajara




Deskripsi



Waktu
n















Kegiatan
Siswa, dengan bimbingan guru:



10’
Pendahulua
-

mengucapkan salam dan tegur sapa




n
-

menunjukkan kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar








yang kondusif





-

menyebutkan tujuan pembelajaran





-

menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan






Kegiatan
Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif,
60’
Inti **)
bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:


-

mempresentasikan secara lisan hasil analisis tertulis kelompok ke





seluruh kelas (misal, dengan dipampang di dinding)




-

bertanya dan memberi masukan terhadap hasil presentasi





kelompok lain





Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan secara clisan dan tulis.


File dowload RPP - KLIK SIMPAN FILE PDF

Demikian share rpp kelas 7 kurikulum 2013 bahasa inggris revisi 2017 yang bisa kami sampaikan. Terima kasih

Post a Comment for "rpp bahasa inggris smp kelas 7, 8, 9 kurikulum 2013 revisi 2017 Semester 1 & 2 (HOTS, PPK, Literasi & 4c)"