rpp bahasa inggris smp kelas 7, 8, 9 kurikulum 2013 revisi 2017 Semester 1 & 2 (HOTS, PPK, Literasi & 4c)
Sahabat guru yang mengajar di Sekolah pelaksana k13. Kami yakin anda pasti sedang sibuk mencari rpp bahasa inggris smp kelas 7 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 yang telah di revisi tahun 2017. Jika demikian anda telah datang ke tempat yang tepat, karena postingan ini akan memberikan file lengkap contoh rpp k13 kelas 7 terbaru yang telah terintegrasi 4 (empat) poin penting yakni HOTS, PPK, Literasi & 4c
Untuk lebih jelasnya ini dia contoh rpp bahasa inggris smp kurikulum 2013 edisi revisi 2017. sedangkan kelas 8 dan 9 akan saya bagikan pada postingan berikutnya.
CONTOH RPP: TEKS FUNGSIONAL
Materi Pokoknya adalah Teks Deskriptif mata pelajaran bahasa inggris. sesuai silabus k13 smp yang telah direvisi tahun 2017
Langkah
|
|
Alokasi
|
Pembelajara
|
Deskripsi
|
Waktu
|
n
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
|
Siswa,
dengan bimbingan guru:
|
10’
|
|
|
|
|
Pendahulua
|
|
-
|
mengucapkan salam dan tegur sapa
|
|
|
|
n
|
|
-
|
menunjukkan
kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar
|
|
|
|
|
|
|
yang
kondusif
|
|
|
|
|
|
-
|
bertanya
jawab tentang deskripsi (a.l. nama, karakteristik,
|
|
|
|
|
|
|
kebiasaan)
orang
|
|
|
|
|
|
-
|
menyebutkan
tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
|
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Kegiatan
|
|
Selama
proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif,
|
60’
|
||
|
Inti
**)
|
|
bekerja
sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
|
|
||
|
|
|
-
|
menyimak
secara interaktif guru membacakan beberapa teks
|
|
|
|
|
|
|
(sedikitnya
3), satu per satu (siswa tidak membaca teks),
|
|
|
|
|
|
-
|
bertanya
jawab tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
|
|
|
|
|
|
|
kebahasaan
dari masing-masing teks secara umum, sekilas,
|
|
|
|
|
|
-
|
menulis
ketiga teks, satu per satu, secara lengkap dengan
|
|
|
|
|
|
|
didektekan
guru secara terbimbing
|
|
|
|
|
|
-
|
mempresentasikan
hasil tulisannya ke seluruh kelas (misal, dengan
|
|
|
|
|
|
|
dipampang
di dinding)
|
|
|
|
|
|
-
|
memberi
masukan terhadap hasil tulisan kelompok lain
|
|
|
|
|
|
-
|
memasukkan
hasil tulisannya ke dalam file portofolio
|
|
|
|
|
|
Selama
proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan
|
|
||
|
|
|
balikan
dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur
|
|
||
|
|
|
kebahasaan
yang digunakan secara clisan dan tulis.
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
Kegiatan
|
|
Siswa,
dengan bimbingan guru:
|
10’
|
||
|
Penutup
|
|
-
|
membahas
manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
-
|
membahas
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
|
menyimpulkan
hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
|
menyebutkan
tugas rumah untuk membaca teks yang ditulisnya
|
|
|
|
|
|
|
dengan
ucapan dan intonasi yang benar
|
|
|
|
|
|
-
|
menyebutkan
kegiatan dan topik rencana pembelajaran untuk
|
|
|
|
|
|
|
pertemuan
berikutnya
|
|
|
|
|
|
|
|||
2. Pertemuan kedua: (.2 JP)
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
Langkah
|
|
|
Deskripsi
|
Aloka-si
|
|
|
Pembelajaran
|
|
|
Waktu
|
||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
||
|
Kegiatan
|
|
Siswa,
dengan bimbingan guru:
|
10’
|
||
|
Pendahuluan
|
|
-
|
mengucapkan
salam dan tegur sapa
|
|
|
|
|
|
|
-
|
menunjukkan
kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar
|
|
|
|
|
|
|
yang
kondusif
|
|
|
|
|
|
-
|
mereview
pembelajaran yang lalu
|
|
|
|
|
|
-
|
menyebutkan
tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
-
|
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Kegiatan Inti
|
|
Selama
proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif,
|
60’
|
||
**)
|
|
|
bekerja
sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
|
|
||
|
|
|
|
-
|
dalam
kelompok, siswa saling membacakan masing-masing teks
|
|
|
|
|
|
|
yang
telah ditulisnya pada pertemuan yang lalu secara lisan
|
|
|
|
|
|
|
dengan
memperhatikan kebermaknaan, intonasi, ucapan, dan
|
|
|
|
|
|
|
tekanan
kata
|
|
|
|
|
|
-
|
bertanya
jawab secara rinci tentang fungsi sosial (tujuan, topik,
|
|
|
|
|
|
|
pembaca
sasaran dan manfaat) teks-teks yang telah dibaca
|
|
|
|
|
|
|
tersebut,
satu per satu, untuk diisikan ke dalam tabel.
|
|
Langkah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alokasi
|
Pembelajara
|
|
|
|
|
Deskripsi
|
|
|
|
Waktu
|
n
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Kegiatan
|
Siswa,
dengan bimbingan guru:
|
|
|
|
10’
|
||||
Pendahulua
|
-
|
|
mengucapkan
salam dan tegur sapa
|
|
|
|
|
||
n
|
-
|
|
menunjukkan
kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar
|
|
|||||
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
yang
kondusif
|
|
|
|
|
|
|
-
|
|
menyebutkan
tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
||
|
-
|
|
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
|
|
|
|||
|
|
|
|||||||
Kegiatan
|
Selama
proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif,
|
60’
|
|||||||
Inti
**)
|
bekerja
sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
|
|
|||||||
|
-
|
|
mempresentasikan
secara lisan hasil analisis tertulis kelompok ke
|
|
|||||
|
|
|
|
seluruh
kelas (misal, dengan dipampang di dinding)
|
|
|
|
||
|
-
|
|
bertanya
dan memberi masukan terhadap hasil presentasi
|
|
|||||
|
|
|
|
kelompok
lain
|
|
|
|
|
File dowload RPP - KLIK SIMPAN FILE PDF
Demikian share rpp kelas 7 kurikulum 2013 bahasa inggris revisi 2017 yang bisa kami sampaikan. Terima kasih
Post a Comment for "rpp bahasa inggris smp kelas 7, 8, 9 kurikulum 2013 revisi 2017 Semester 1 & 2 (HOTS, PPK, Literasi & 4c)"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.