rpp matematika kelas 7 k13 revisi 2017 Doc (Hots, Literasi, PPK & 4C)
Contoh rpp kurikulum 2013 matematika SMP kelas 7 semester 1 & 2 yang terbaru adalah sebagai berikut: KI-KD berdasarkan Permendikbud 24/2016, Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017, Format RPP berdasarkan Permendikbud 22/2016, RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS, dan terakhir adalah Format penilaian berdasarkan Permendikbud 23/2016. Semoga dipahami
Admin berharap setelah membaca penjelasan diatas para guru harus lebih pintar lagi mencari rpp k13 yang benar-benar revisi dan pastinya sudah dalam format Word.
Untuk info lebih lengkap langung saja simpan master perangkat pembelajaran matematika kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 melalui tautan dibawagh ini atau langsung kopi paste format rpp nya dibawah
- Cover Perangkat Matematika Kelas 7 Revisi 2017 - Comot File
- KI-KD Matematika SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 15 Permendikbud 24/2016) - Comot File
- Silabus Matematika Kelas 7 Revisi 2017 - Comot File
- Analisis Kompetensi Dasar Matematika Kelas 7 - Comot File
- Analisis SKL Matematika Kelas 7 - Comot File
- Penetapan IPK Matematika Kelas 7 - Comot File
- Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas 7 - Comot File
- Pemetaan KD dan Teknik Penilaian Matematika Kelas 7 - Comot File
- Penetapan KKM Matematika Kelas 7 - Comot File
- Kalender Pendidikan 2018/2019 - Comot File
- Analisis Alokasi Waktu Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File
- Program Tahunan Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File
- Program Semester Matematika Kelas 7 TP 2017/2018 - Comot File
- RPP Matematika Kelas 7 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS - Comot File
- Format-format Penilaian Matematika Kelas 7 - Comot File
- Blanko Penilaian Matematika Kelas 7 (Excel) - Comot File
Format rpp matematika kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 & 2
Berikut adalah Contoh singkat format rpp k13 revisi 2017 kelas 7 dibawah ini materi pokok nya adalah Bilangan Bulat dan Pecahan. semoga bermanfaat
Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi Waktu : 7 Minggu x5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
• KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
• KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
• KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan dan menentukan
urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran,
desimal, persen)
|
3.1.1.
Menjelaskan
urutan pada bilangan bulat dan pecahan
3.1.2.
Mengurutkan
bilangan, negative, bilangan positif, bilangan bulat, bilangan pecahan,
bilangan asli dan bilangan cacah
3.1.3.
Menentukan
suatu pola sebuah bilangan
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran,
desimal, persen)
|
4.1.1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen)
|
3.2 Menjelaskan dan melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi
|
3.2.1.
Menyebutkan
sifat-sifat operasi bilangan bulat dan pecahan
3.2.2.
Menjelaskan
berbagai sifat operasi hitung yang melibatkan bilangan bulat dan pecahan
3.2.3.
Menentukan
hasil operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan
berbagai sifat operasi
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
4.2.1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
3.3 Menjelaskan dan menentukan
representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negatif
|
3.3.1.
Menyatakan
suatu bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
3.3.2.
Menjelaskan
representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negative
3.3.3.
Menentukan
representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negatif
|
4.3 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negatif
|
4.3.1.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
positif dan negatif
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak penjelasan guru, peserta didik dapat:
- Menjelaskan urutan pada bilangan bulat dan pecahan
- Mengurutkan bilangan, negative, bilangan positif, bilangan bulat, bilangan pecahan, bilangan asli dan bilangan cacah
- Menentukan suatu pola sebuah bilangan
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
- Menyebutkan sifat-sifat operasi bilangan bulat dan pecahan
- Menjelaskan berbagai sifat operasi hitung yang melibatkan bilangan bulat dan pecahan
- Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
- Menyatakan suatu bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
- Menjelaskan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negative
- Menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negative
D. Materi Pembelajaran
- Membandingkan Bilangan Bulat
- Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
- Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
- Membandingkan Bilangan Pecahan
- Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan
- Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
- Mengenal Bilangan Berpangkat Bulat Positif
- Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar
E. Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Saintifik
- Model : Discovery Based Learning
- Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
a. Laptopc. Power Point
d. Internet
G. Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk..(2016). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama (4 x 40 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Membandingkan bilangan bulat
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
( 130 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Membandingkan bilangan
bulatberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Membandingkan
bilangan bulatyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Membandingkan
bilangan bulatyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Membandingkan bilangan bulat.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Membandingkan bilangan bulat.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Membandingkan
bilangan bulatkepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
Itu saja yang bisa admin bagikan terkait dengan rpp matematika kelas 7 revisi 2017. Semoga bermanfaat
Post a Comment for "rpp matematika kelas 7 k13 revisi 2017 Doc (Hots, Literasi, PPK & 4C)"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.