rpp bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 Lengkap Semua Materi Pokok
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat hari guru Nasional Tahun 2017. Semoga para guru indonesia semakin semangat dalam mendidik anak bangsa menjadi generasi penerus terbaik dalam membangun Indonesia tercinta.
Sahabat pembaca, dikarenakan sudah banyak rekan-rekan yang meminta saya agar membagikan rpp bahasa indonesia k13 kelas 8 edisi revisi 2017 semester 1 & 2, maka di postingan kali ini kami akan coba saya share.
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa rpp kurikulum 2013 revisi 2017 jelas sangat berbeda dengan revisi 2016. Mengapa? karena pada revisi 2017 memunculkan 4 (poin) yang dimasukkan dalam kegiatan pembelajaran, baik kegitan inti maupun penutup. Nah keempat point tersebut adalah literasi, ppk, 4c dan Hots.
Selain rpp, kami juga membagikan lampiran materi pokok tes tertulis dan uraian tiap RPP. Semoga bermanfaat
Untuk lebih jelasnya berikut kami contohkan rpp bahasa indonesia kurtilas revisi 2017 kelas 8 SMP dengan materi pokok teks ekplanasi tema pristiwa alam.
Sekolah : SMPN 3 Prabumulih
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII / I
Materi Pokok : Teks Eksplanasi
Tema : Peristiwa Alam
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan )
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
3.9
|
Mengidentifikasi informasi
dari teks eksplanasi
berupa paparan jadian suatu fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca
|
3.9.1.
3.9.2.
3.9.3.
|
Menunjukkan kekurangan teks eksplanasi
berdasar susunan teks, paragraf dalam teks, kosa kata, dan kunjungsi yang
digunakan di dalam teks.
Memahami ciri-ciri kebahasaan dalam teks
eksplanasi.
Mengklasifikasikan makna kata dan istilah
dalam teks eksplanasi
|
4.9
|
Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses
terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca.
|
4.9.1.
4.9.2.
4.9.3.
|
Menjawab
tentang kekurangan teks eksplanasi berdasar susunan teks,
paragraf dalam teks, kosa kata, dan kunjungsi yang digunakan di dalam teks.
Menangkap makna teks eksplanasi ciri-ciri
kebahasaan lisan maupun tulisan.
Meringkas teks eksplanasi makna kata pada
tema tentang fenomina alam.
|
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang terjadinya fenomina alam, siswa diharapkan dapat :
1. menentukan informasi keadaan alam secara benar .
2. menentukan informasi tentang terjadinya gempa bumi secara benar.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran tentang fenomina alam, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan keadaan alam secara benar.
2. menjelaskan terjadinya gempa bumi, dengan ukuran secara benar. Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran tentang fenomina alam dengan, siswa diharapkan dapat:
1. menjawab/menyimpulkan pertanyaan tentang isi keadaan alam yang sebenarnya.
2. Menjawab/ menyimpulkan pertanyaan tentang terjadinya gempa bumi dengan benar.
1. Kukurangan teks eksplanasi berdasar
a. Susunan teks
b. Paragraf dalam teks
c. Kosa kata
d. Kunjungsi yang digunakan di dalam teks
2. Meringkas teks eksplanasi Urutan isi/struktur teks eksplanasi :
a. Orientasi pada peristiwa alamb. Mengetahui peristiwa yang benar-benar terjadi.
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Problem Bases Learning (PBL), diskusi, tanya jawab, penugasan, dan
presentasi.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media::
- LCD proyektor
- Teks eksplanasi dengan judul “gempa Bumi”
a. Film berjudul Gempa Bumi
b. Gambar atau vidio
3. Sumber belajar:
a. Buku Siswa : Buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 128 -140
b. Gambar peristiwa
G. KEGIATAN PEMBELAJARANPertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru
membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.(PPK)
- Guru
menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru
menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru dan
siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk
mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Guru
menayangkan judul “Gempa Bumi”. (Literasi)
- Siswa
menuliskan prediksi
isi film berdasarkan judul tersebut.
- Guru
menayangkan potongan film tentang adanya Gunung Berapi.
- Siswa mengidentifikasi
isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media)
- Siswa
menyimpulkan isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media).
- Guru
menanyakan keterkaitan tayangan film dengan materi yang akan diajarkan.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
yang terdiri dariempat orang. (4C)
- Siswa dalam kelompok mengamati teks
eksplanasi tentang Gunung Berapi.
- Dengan dipandu guru, siswa membuat
pertanyaan secaraberkelompok mengenai informasi terjadinya Gunung
Berapi.
- Masing-masing kelompok mencari
informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota
kelompoknya tentang terjadinya Gunung Berapi. (HOTS)
- Siswa mempresentasikan hasil
kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C)
- Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan
tanggapan.
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait dengan
materi yang telah dipelajari.
- Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa merefleksi proses KBM yang
berlangsung.
- Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan
belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
|
10’
|
Tabel diatas merupakan contoh kegiatan pembelajaran pada rpp k13 bahasa indonesia revisi 2017 kelas 8 (delapan) yang terintegrasi literasi, 4c, hots dan ppk. Semoga dipahami.
H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial) Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar Kerja)
c. Keterampilan : Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran Remedial
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
- pembelajaran ulang
- bimbingan perorangan
- belajar kelompok
- pemanfaatan tutor sebaya
Catatan : bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Dibawah ini telah tersedia link download rpp lengkap semua materi pokok bahasa indonesia kelas 8 (delapan) dalam format doc dan pdf. Semoga bermanfaat
-
rpp bahasa indonesia smp/Mts kelas 8 k13 revisi 2017 tentang teks berita kd 3.1 dan 4.1 - SIMPAN RPP
- rpp bahasa indonesia smp/Mts kelas 8 k13 revisi 2017 tentang teks berita teks berita kd 3.2 dan 4.2 - SIMPAN RPP
-
DOWNLOAD rpp bahasa indonesia k13 kelas 8 revisi 2017 MATERI pokok teks iklan, slogan dan poster kd 3.3 dan 4.3 - arsipkan RPP
-
DOWNLOAD rpp bahasa indonesia k13 kelas 8 revisi 2017 MATERI pokok teks iklan, slogan dan poster kd 3.4 dan 4.4 - ARSIPKAN RPP
-
CONTOH rpp bahasa indonesia smp MATERI pokok teks eksposisi kd 3.5 dan 4.5 k13 - SIMPAN RPP
-
CONTOH rpp bahasa indonesia smp MATERI pokok teks eksposisi kd 3.6 dan 4.6 - SIMPAN RPP
-
contoh rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 teks puisi kd 3.7 dan 4.7 - SIMPAN RPP
-
contoh rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 teks puisi kd 3.8 dan 4.8 - SIMPAN RPP
-
rpp bahasa indonesia smp/Mts kurikulum 2013 kelas 8 teks eksplanasi kd 3.9 dan 4.9 - SIMPAN RPP
-
rpp bahasa indonesia smp/Mts k13 kelas 8 teks eksplanasi kd 3.10 dan 4.10 - SIMPAN RPP
Demikian contoh rpp bahasa indonesia kelas 8 k13 revisi paling baru tahun 2017. Semoga bermanfaat.
Post a Comment for "rpp bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 Lengkap Semua Materi Pokok"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.