Apa kabar guru k13? Sedang sibuk mengisi rapor kelas 8 ? jika demikian admin doakan semoga pekerjaannya lancar. Di kesempatan kali ini kembali admin akan berbagi perangkat pembelajaran kurikulum 2013 terbaru untuk SMP yang telah sesuai aturan yang berlaku saat ini.
Diantara perangkat pembelajaran kelas 8 kurikulum 2013 matematika yang mendukung keberhasilan guru dalam kegiatan belajar mengajar adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Oleh karena itu pembuatan rpp matematika haruslah kreatif dengan cara menyesuaikan memasukkan ppint point penting yakni literasi, 4C, hots dan PPK.
Untuk lebih jelasnya silahkan download file rpp k13 matematika kelas 8 melalui tautan yang kami sematkan dibawah
- Cover Perangkat Matematika Kelas 8 Revisi 2017 - Comot File
- KI-KD Matematika SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 15 Permendikbud 24/2016) - Comot File
- Silabus Matematika Kelas 8 Revisi 2017 - Comot File
- Analisis Kompetensi Dasar Matematika Kelas 8 - Comot File
- Analisis SKL Matematika Kelas 8 - Comot File
- Penetapan IPK Matematika Kelas 8 - Comot File
- Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas 8 - Comot File
- Pemetaan KD dan Teknik Penilaian Matematika Kelas 8 - Comot File
- Penetapan KKM Matematika Kelas 8 - Comot File
- Kalender Pendidikan 2018/2019 - Comot File
- Analisis Alokasi Waktu Matematika Kelas 8 TP 2017/2018 - Comot File
- Program Tahunan Matematika Kelas 8 TP 2017/2018 - Comot File
- Program Semester Matematika Kelas 8 TP 2017/2018 - Comot File
- RPP Matematika Kelas 8 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS - Comot File
- Format-format Penilaian Matematika Kelas 8 - Comot File
- Blanko Penilaian Matematika Kelas 8 (Excel) - Comot File
Inilah Contoh RPP Matematika kurikulum 2013 Kelas Revisi 2017
Di bawah ini kami bagikan contoh langkah langkah pembelajaran pada rpp materi pokok bilangan bulat kelas 8 semester ganjil dengan alokasi waktu 5 minggu x 5 jam pelajaran dengan tujuan agar rekan guru tahu perbedaan rpp k13 revisi 2017 dengan revisi 2016. Semoga bermanfaat
1 . Pertemuan
Pertama(2 x 40 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti (
50 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pola Bilangan Ganjildengan
cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Pola Bilangan Ganjil.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Pola Bilangan
Ganjiluntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
dsb
v Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Pola Bilangan
Ganjil.
v Menulis
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pola Bilangan Ganjil.
v Mendengar
Pemberian
materi Pola Bilangan Ganjiloleh
guru.
v Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Pola Bilangan
Ganjilyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi
yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara
disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pola Bilangan Ganjilyang
sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pola Bilangan Ganjilyang sedang
dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pola
Bilangan Ganjilyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Pola Bilangan Ganjil.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Pola
Bilangan Ganjilyang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan
rasa percaya diriPola
Bilangan Ganjilsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang
data dari Materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Mengolahinformasi dari materi
Pola Bilangan Ganjilyang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pola Bilangan Ganjil.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Pola Bilangan Ganjil
antara lain
dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Pola Bilangan Ganjilberupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pola Bilangan Ganjildan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Pola
Bilangan Ganjilyang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Pola
Bilangan Ganjilyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Pola
Bilangan Ganjilyang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Pola
Bilangan Ganjilyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Pola Bilangan Ganjilberlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi Pola Bilangan Ganjilyang
baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pola
Bilangan Ganjilyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pola
Bilangan Ganjilkepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
Semoga rpp k13 kelas 8 revisi 2017 diatas bermanfaat. Terima kasih
Post a Comment for "rpp pola bilangan kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 Doc Semester 1 & 2 terbaru"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.