RPP K13 Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 Revisi 2017 Terbaru
Pendidikan menjadi salah satu komponen penting yang bisa mengukur seberapa berhasilnya sebuah negara. Melalui Pendidikan yang maju dibarengi dengan integrasi dan komunikasi yang baik antar peserta didik dan guru akan terbentuk kelas yang harmonis. Sebagai pengganti orangtua di sekolah, guru, perlu memberikan yang terbaik bagi peserta didik. Setiap proses pembelajaran, gurulah yang wajib memberi sesuai dengan tingkat kemampuan siswa dan menurut satuan Pendidikan yang berlaku di Indonesia. Mata pelajaran juga harus dissuaikan menurut jenjangnya agar pemikiran peserta didik dapat terstruktur menurut porsinya.
Salah satu komponen proses pembelajaran di sekolah yang harus dimiliki guru ialah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disingkat RPP. RPP adalah komponen penting yang menjadi pegangan guru mapel untuk mengatur proses pembelajaran selama satu semester terhadap peserta didik sesuai jenjangnya. Bagi kelas 10 yang telah menjadi pengawal jenjang di SMA sangat butuh proses pembelajaran yang terkini agar di tahun ketiga sudah siap dengan kebijakan yang mungkin berubah. Kurikulum menjadi hal dasar yang menjadi panduan guru dan pembelajaran di sekolah. Dengan perkembangan Pendidikan dan menurut peraturan perundang-undangan, kurikulum 2013 sudah bisa diterapkan di semua jenjang.
Berbicara kurikulum 2013, kurikulum ini juga telah melewati masa revisi di tahun 2017. Kurikulum telah disahkan dengan revisi pada tahun 2017 yang bisa diterapkan untuk jenjang kelas 10. Guru mata pelajaran Bahasa Inggris juga harus turut serta mengikuti kurikulum terbaru ini agar mendapatkan kesinambungan di kelas. Sebelum dimulainya semester 2, guru harus sudah membuat RPP untuk satu semester penuh ke depan. Berikut ini contoh isi RPP untuk kelas 10 semester 2 yang bisa kamu jadikan referensi.
rancangan rpp kurikulum 2013
Pertama mengenai kerjasama atau collaboration artinya peserta didik akan melakukan diskusi antar teman dalam sebuah pengamatan. Dari materi yang telah disediakan, pesert didik diberi waktu untuk mengeluarkan pendapatnya dan berpikir kritis. Setelah berdiskusi, peserta didik bisa menjelaskan fungsi sosial sekaligus unsur kebahasaan atau grammar dalam sebuah lirik lagu remaja. Hal ini bisa juga sekaligus membantu kemampuan mendengar atau listening peserta didik agar lebih familiar dengan pronounce (pengucapan) bahasa Inggris.
Yang kedua yaiu berpikir kritis atau crititcal thinking artinya peserta didik bisa memverifikasi data hasil pengamatannya. Dengan cara-cara seperti jujur, disiplin, teliti, kerja keras, taat aturan dalam membentuk pola piker indudktif dan deduktif. Hal ini bisa membantu kemampaun siswa untuk mengembangakan pemikirannya dnegan menerapkan prosedur-prosedurnya.
Untuk lebih jelasnya berikut contoh langkah-langkah pembelajaran rpp bahasa inggris semester genap yang disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
Kegiatan Inti ( 70 Menit )
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
||
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi istilah
khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya dengan cara :
|
||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
|
●
|
Lembar kerja materi
istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya
|
|
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
|
→
|
Membaca.
|
|
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya
|
||
→
|
Menulis
|
|
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait istilah khusus terkait dengan jenis
pemberitahuannya
|
||
→
|
Mendengar
|
|
Pemberian materi
istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
|
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
istilah khusus terkait
dengan jenis pemberitahuannya
|
||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
|
istilah khusus terkait
dengan jenis pemberitahuannya
|
||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
|
Mengamati dengan
seksama materi istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
|
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
|
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi istilah khusus
terkait dengan jenis pemberitahuannya yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
|
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
AKTIVITAS
|
KRITERIA
|
||
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
|
Melakukan
Observasi
|
Tidak
jelas pelaksanaannya
|
Beberapa
kegiatan jelas dan terperinci
|
Semua
kegiatan jelas dan terperinci
|
Role Play
|
Membaca
script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar
dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Simulasi
|
Fungsi
social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat
|
Fungsi
social kurang tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi
social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan tepat
|
Presentasi
|
Tidak
lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
|
Lancar,
topik jelas, dan menggunakan slide presentasi tetapi kurang menarik
|
Sangat
lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
|
Melakukan
Monolog
|
Membaca
teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang
tepat, serta tidak lancar
|
Kurang
lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat dan
kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
- RPP bahasa Inggris SMA Semester 2 materi pokok Teks Interaksi Transaksional; Keadaan/Tindakan/ Kegiatan/ Kejadian Di Waktu Lampau yang Merujuk Waktu Terjadinya dan Kesudahannya - COMOT RPP
- RPP bahasa Inggris SMA Semester 2 materi pokok Teks Interaksi Interpersonal; Ucapan Selamat dan Memuji Bersayap (Extended) - COMOT RPP
- RPP bahasa Inggris SMA Semester 2 materi pokok Teks Recount; Informasi Terkait Peristiwa Bersejarah - COMOT RPP
- RPP bahasa Inggris SMA Semester 2 materi pokok Teks Naratif; Informasi Terkait Legenda Rakyat - COMOT RPP
- RPP bahasa Inggris k13 revisi 2017 kelas 10 Semester 2 materi pokok Fungsi Sosial, Unsur Kebahasaan dan Makna Lirik Lagu - COMOT RPP
Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan file lengkapnya DAN PASSword RAR file RPP diatas silahkan langsung kunjungi blog rpp kurikulum 2013 penyedia rpp bahasa inggris SMA lengkap di alamat dibawah
====> DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 SEMESTER 2 BAHASA INGGRIS KELAS 10 LENGKAP
Post a Comment for "RPP K13 Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 Revisi 2017 Terbaru"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.