Contoh RPP tematik k13 kelas 5 Semester 2 Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) Revisi 2017
Syukur alhamdulillah admin ucapkan karena masih bisa menulis di blog ini, membagikan informasi terbaru seputar kurikulum 2013 untuk seluruh guru di Indonesia. Tak lupa admin ucapkan terima kasih banyak kepada pengunjung blog yang selalu setia menjadi pembaca blog kami.
Menjelang semester genap atau 2 (dua) tahun pelajaran 2018/2019 para guru harus kembali menyusun dokumen II perangkat pembelajaran terbaru edisi revisi 2017.
Adapun kesempatan yang baik ini kami mencoba kembali akan membagikan salah satu dokumen pendukung perangkat mengajar guru di kelas yaitu RPP.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang kami bagikan ini adalah untuk kelas 5 sd semester 2 tema 8 lengkap dengan subtema dan pembelajaran yang tentunya disusun berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016
Untuk mengingatkan rekan guru di di indonesia, kami telah merangkum urutan perangkat pembelajaran semester 2 kelas 5 seperti yang kami tuliskan di bawah ini
- Cover Perangkat Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017
- KI-KD PPKn Kelas 5 K13 (Lampiran 18 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- KI-KD B. Indonesia Kelas 5 K13 (Lampiran 1 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- KI-KD IPA Kelas 5 K13 (Lampiran 5 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- KI-KD IPS Kelas 5 K13 (Lampiran 10 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- KI-KD SBdP Kelas 5 K13 (Lampiran 30 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
- Sebaran KD sesuai Buku Guru Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017
- Pemetaan KD sesuai Buku Guru Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematik SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Silabus Tematik Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematika 5 Tema 6 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematika 5 Tema 7 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematika 5 Tema 8 K13 Revisi 2017
- Silabus Tematika 5 Tema 9 K13 Revisi 2017
- Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018
- Program Tahunan Kelas 5 Semester 2 K13 TP 2017-2018
- Program Semester 2 Kelas 5 K13 TP 2017-2018
- Penetapan KBM/KKM Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi 2017 (Excel)
- Administrasi Guru Kelas 5 TP 2017-2018
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
||||
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa.
3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan
semangat kebangsaan.
5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri
dan kebersihan kelas.
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru
mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.
Siswa diajak menyanyikan lagu daerah
setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
|
15 menit
|
||||
|
Kegiatan inti
|
Proses
KBM
KegiatanPembuka
• Siswamengamatigambar yang terdapatpadahalaman 1 bukusiswa.
• Denganbimbingan guru,
siswamengidentifikasiberbagaikondisilingkungan
padagambar. Guru mengaitkankegiataninidenganjudultemaLingkunganSahabat
KitasertajudulsubtemaManusiadanLingkungan.
• Guru
dapatmemberikanbeberapapertanyaanuntukmenstimulusketertarikasiswatentangtopikManusiadanLingkungan.Pertanyaan:
1. Fakta-faktaapa yang ditunjukkangambargambartersebut?
Jawaban: Gambaratasmenunjukkanlingkungan yang
indahberupaareal persawahan yang subur. Gambarbawahmenunjukkananakanakusia SD
sedangmenanambibittanaman.
2. Apakahlingkunganbergunabagimanusia? Mengapa?
Jawaban: Lingkunganbergunabagimanusia, karenalingkungan
menyediakansemuakebutuhanhidupmanusia.
3. Keuntunganapa yang diperolehmanusiajikamenjagalingkungan?
Jawaban: Jikamanusiamenjagalingkungan,
semuakebutuhanhidupmanusiadapattercukupi.
4. Apaakibatnyajikamanusiatidakmenjagalingkungan?
Jawaban: Jikamanusiatidakmenjagalingkungan, lingkungan
menjadirusakdantidakmemberikanmanfaatbahkandapat
menimbulkankerugiandanbencanabagimanusia.
5. Bagaimanakondisilingkungan di sekitarmu?
Jawaban: Siswadimintamenceritakansesuaikondisilingkungannya
.
• Siswamembacapengantarmengenai air sebagaisalahsatuunsur
pentingdalamlingkungan. Air sangatdiperlukanbagikehidupan di
bumi.
• Siswadiajakbertanyajawabmengenaimanfaat air.
Ayo Membaca
• Siswamembacateksberjudul “Demi Air
Bersih, WargaWaboroboRelaBerjalanSejauh
15 Kilometer” padabukusiswa. Kegiatan
membacadapatdilakukansecarabergantian.
Salah seorangsiswamembacasatuparagraf,
siswa lain mendengarkan. Paragrafselanjutnya
dibacaolehsiswa yang berbeda.
• Siswamenuliskanperistiwa-peristiwayang
terdapatpadateksdalambentukpetapikiran. Kemudian, secarabergantian
siswamenunjukkanpetapikiran yang telahdibuatnya.
• Berikutalternatifjawabanuntukpolapikiranyang telahdilengkapi
.
Ayo Berdiskusi
• Guru mengondisikansiswauntukmelakukan
kegiatandiskusi, denganmembuatkelompokkelompok
terdiriatas 4 – 5 siswa. Setiap
kelompokmenjawabpertanyaan-pertanyaan
berikut.
1. Apafungsi air bagimanusia?
2. Apafungsi air bagihewan?
3. Apafungsi air bagitumbuhan?
• Siswamenyajikanhasildiskusinyadalam
bentukpetapikiran.
Selanjutnyasiswamenyajikanhasildiskusikelompokkepadakelompok lain.
Hasildiskusisemuakelompokdapatdigunakansebagai
bahandiskusikelas.Alternatifjawabansebagaiberikut.
|
180 menit
|
||||
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung:
· Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
· Apa
yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2.
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu:
meminta orang tua untuk menceritakan
pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu
menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa
menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
5.
Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
6.
Kelas
ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
15 menit
|
- Download rpp tematik k13 kelas 5 revisi 2017 tema 8 dengan subtema 1 Manusia dan Lingkungan - COMOT FILE
- Download rpp tematik k13 kelas 5 revisi 2017 tema 8 dengan subtema 2 Perubahan Lingkungan - COMOT FILE
- Download rpp tematik k13 kelas 5 revisi 2017 tema 8 dengan subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan - COMOT FILE
- Download rpp tematik k13 kelas 5 revisi 2017 tema 8 dengan subtema 4 kegiatan literasi - COMOT FILE
Jangan lupa password rar rpp kelas 5 diatas adalah "rppk13" tanpa tanda petik. Semoga menjadi referensi yang baik. Terima kasih

Post a Comment for "Contoh RPP tematik k13 kelas 5 Semester 2 Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) Revisi 2017 "
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.