Silabus & rpp pai smp kurikulum 2013 revisi 2017 Kelas 7, 8, 9 (hots, PPK, Literasi & 4c)
Apa kabar sahabat guru PAI SMP? admin doakan semoga anda dalam keadaan sehat walaafiat. nah, malam ini saya menyempatkan memposting info tentang rencana pelaksanaan pembelajaran atau disingkat dengan RPP.
Mungkin para guru SMP sudah tahu kalau tahun 2017 revisi terjadi lagi pada kurikulum 2013. Dampak dari perubahan tersebut tentunya adalah lebih kepada silabus dan rpp guru yang harus terintegrasi kepada 4 (empat) point penting yaitu hots, PPK, Literasi & 4c
Bagi guru yang pernah ikut pelatihan kurikulum 2013 tentu saja sudah belajar cara penyusunan dan pembuatan rpp k13 revisi 2017.nah bagi guru yang belum tahu tidak perlu khawatir karena anda bisa membaca panduan lengkap cara membuat rpp k13 revisi 2017 dengan cara klik - LIHAT FILE PDF
Selanjutnya inilah contoh silabus dan rpp pai smp kurikulum 2013 revisi 2017 Kelas 7, 8, 9 yang akan kami bagikan. file doc rpp bisa anda download melalui tautan yang kami sematkan dibawah
1. COntoh silabus k13 PAI SMP revisi 2017Kompetensi Inti kelas 7, 8, 9 - klik SIMPAN FILE
KOMPETENSI INTI KELAS VII
|
KOMPETENSI INTI KELAS VIII
|
KOMPETENSI INTI KELAS IX
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya .
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah
akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.
2.1 Menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi Q.S. al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan
hadis terkait.
3.1 Memahami Q.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.
4.1.1 Membaca Q.S. al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dengan tartil.
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33.
4.1.3
Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
|
·
Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
serta hadis tentang
semangat menuntut ilmu.
|
·
Menyimak bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:
33.
·
Mencermati artiQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
serta hadis tentang semangat menuntut ilmu.
·
Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan
“Al” Qamariyah.
· Mengajukan pertanyaan
tentang pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau
pertanyaan lain yang relevan.
· Menanyakan cara
membaca dan menghafalkan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:
33.
· Mengajukan pertanyaan
mengenai hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah.
·
Diskusi menyusun arti kataQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
menjadi terjemah secara utuh.
·
Secara berpasangan membaca
dan menghafalkanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
· Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah di dalam
mushaf al-Qur’ān.
· Berdiskusi tentang pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari.
·
Merumuskan,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Mengklasifikasi lafaz yang
mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah yang terdapat pada Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:
33.
·
Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan
lafal yang mengandung bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
·
Membuat
paparan keterkaitan
semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan pesan yang terkandung
dalamQ.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Menunjukkan/memaparkan
hasil diskusi makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
· Menanggapi paparan
makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Menyajikan
keterkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan
sehari-haridengan pesan yang terkandung dalamQ.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Menyusun
kesimpulan maknaayat dengan bimbingan guru.
|
1.2 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah
mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
2.2 Menunjukkan perilaku
ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134, dan Hadis
terkait.
3.2 Memahami Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S.
Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan
pemaaf.
4.2.1 Membaca Q.S. an-Nisá/4:
146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan
tartil.
4.2.2 Menunjukkan
hafalan Q.S. an-Nisá/4:
146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan
lancar.
4.2.3 Menyajikan
keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf
dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S.
Áli Imrān/3: 134.
|
· Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dan Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
|
·
Menyimak bacaanQ.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Mencermati arti Q.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Menyimak penjelasan tentang
hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun.
·
Mengajukan pertanyaan
tentang pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau
pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
·
Menanyakan cara membaca dan
menghafalkan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134.
·
Mengajukan pertanyaan
mengenai hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun.
·
Diskusi menyusun arti
perkata Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3:
134menjadi terjemah secara utuh.
·
Secara berpasangan membaca
dan menghafalkan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134.
·
Secara berkelompok mencari
dan mengumpulkan macam-macam hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun di
dalam mushaf al-Qur’ān.
·
Mengumpulkan informasi
mengenai ikhlas, sabar, dan pemaaf dari berbagai sumber.
·
Merumuskan, mengoreksi, dan
memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153,
dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Mengidentifikasi dan
mengklasifikasi hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Melakukan koreksi secara
berkelompok terhadap hasil pengumpulan contoh-contoh hukum bacaan nun sukun,
tanwin, dan mim sukun.
·
Membuat paparan
hubungan keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Menunjukkan / memaparkan
hasil diskusi maknaQ.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134.
·
Menanggapi paparan
maknaQ.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Menyajikan paparan hasil
pencarian hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S. an-Nisá/4:
146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Menyajikan paparan mengenai hubungan keterkaitan
ikhlas, sabar, dan pemaaf
dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134.
·
Menyusun kesimpulan makna
ayat dengan bimbingan guru.
|
1.3Meyakini bahwa Allah Maha
Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.
2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan
kerja keras sebagai implementasi makna
al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
3.3 Memahami makna al-Asma‘u
al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang
yang meneladani al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
|
·
Al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
|
·
Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Allah Swt.
·
Menyimak dan mencermati
penjelasan mengenai iman kepada Allah Swt.
·
Membaca dalil naqli tentang
iman kepada Allah Swt. beserta artinya.
·
Mengajukan pertanyaan
tentang iman kepada Allah Swt.
·
Mengajukan pertanyaan lain
yang relevan dan kontekstual tentang keimanan kepada Allah Swt.
·
Mencari dalil naqli yang
menjelaskan iman kepada Allah Swt.
·
Secara berkelompok
mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir.
·
Mendiskusikan makna
al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
·
Menghubungkan makna dalil
naqli tentang iman kepada Allah Swt. dengan konteks kehidupan sehari-hari.
·
Menghubungkan makna
al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan
contoh perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan paparan tentang
makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menanggapi pertanyaan dan
memperbaiki paparan tentang al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir.
·
Menyusun kesimpulan.
|
1.4 Beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4Menunjukkan perilaku disiplin sebagai cerminan makna
iman kepada malaikat.
3.4Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan
dalil naqli.
4.4Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman
kepada malaikat Allah Swt.
|
· Iman kepada Malaikat Allah Swt.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada
malaikat Allah Swt.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai iman kepada malaikat Allah Swt.
·
Membaca
dalil naqli tentang iman kepada malaikat Allah Swt. beserta artinya.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang malaikat Allah, atau pertanyaan lain yang relevan.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai manfaat beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Mencari
dalil naqli yang menjelaskan iman kepada malaikat Allah Swt.
·
Secara
berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan
beriman kepada malaikat Allah Swt.
·
Mendiskusikan
makna beriman kepada malaikat Allah Swt.
·
Menghubungkan
tugas para malaikat dengan fenomena kehidupan sehari-hari.
·
Merumuskan
makna beriman kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan
paparan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada
malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan
paparan makna beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menanggapi
pertanyaan dan memperbaiki.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
1.5 Meyakini bahwa jujur,
amanah, dan istiqamah adalah perintah agama.
2.5 Menunjukkan perilaku
jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
3.5 Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan
istiqamah.
4.5 Menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan
istiqamah.
|
· Jujur, amanah, istiqamah sesuai
dengan Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfal
/8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur, amanah,
dan istiqamah.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai jujur, amanah, dan istiqamah.
·
Membaca
Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S.
al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait dengan artinya.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang cara menumbuhkan jujur, amanah, dan istiqamah.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur, amanah, dan istiqamah, atau
pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
·
Secara
berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujur, amanah, dan istiqamah dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber.
·
Mendiskusikan
dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari
sikap jujur, amanah, dan istiqamah.
·
Merumuskan
makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8:
27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13 dan hadis terkait.
·
Menghubungkan
dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh nyata dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Memaparkan
makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf
/46: 13 dan hadis terkait.
·
Memaparkan
hubungan dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh
nyata dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan
penerapan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah melalui demonstrasi,
sosiodrama, atau bentuk lainnya.
·
Menanggapi
pertanyaan dan memperbaiki paparan.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
1.6
Menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati
terhadap sesama adalah perintah agama.
2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan
sehari-hari.
3.6 Memahami makna hormat
dan patuh kepada kedua orang tua dan
guru, dan empati terhadap sesama.
4.6 Menyajikan makna hormat
dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama.
|
· Empati, terhadap sesama, hormat dan
patuh kepada kedua orang tua dan guru.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan empati, hormat
terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai empati,hormat terhadap orang tua dan guru
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang cara menumbuhkan sikap empati, hormat terhadap orang tua
dan guru.
· Mengajukan pertanyaan
mengenai manfaat sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru, atau
pertanyaan lain yang relevan.
·
Secara
berkelompok mencari contoh-contoh nyata sikap empati, hormat terhadap orang
tua dan guru di sekolah dan di masyarakat.
·
Mendiskusikan
dan mengelompokkan data dan informasi tentang manfaat yang diperoleh dari
sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
·
Merumuskan
makna empati, hormat terhadap orang tua dan guru.
·
Menghubungkan
dalil naqli tentang empati, hormat terhadap orang tua dan guru dengan
kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Memaparkan
makna empati, hormat terhadap orang tua dan guru.
·
Memaparkan
hubungan dalil naqli tentang empati, hormat terhadap orang tua dan guru
dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan
penerapan perilaku empati, hormat kepada kedua orang tua dan guru melalui
demonstrasi, sosiodrama, atau bentuk lainnya.
·
Menanggapi
pertanyaan dan memperbaiki paparan.
· Menyusun kesimpulan.
|
1.7Menghayati ajaran bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
2.7Menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud
ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.
3.7Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar
berdasarkan ketentuan syari’at Islam.
4.7Menyajikan cara bersuci dari hadas besar.
|
· Ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
·
Membaca
dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai permasalahan yang terkait dengan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mengajukan
pertanyaan yang terkait dengan tata cara bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
·
Secara
berkelompok mencari data dan informasi untuk menjawab permasalahan yang
terkait dengan ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
·
Mendiskusikan
tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mengembangkan paparan
mengenai ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mendiskusikan
manfaat bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
·
Berlatih
mempraktikkan/ menerapkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Merumuskan
ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Merumuskan
manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mendemonstrasikan
praktik bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar.
·
Menyajikan
paparan tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Memaparkan
rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
|
1.8 Menunaikan salat wajib
berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.
2.8 Menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan
salat berjamaah.
3.8 Memahami ketentuan salat berjamaah.
4.8 Mempraktikkan
salat berjamaah.
|
· Salat berjamaah
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat berjamaah.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat berjamaah.
·
Membaca
dalil naqli mengenaisalat berjamaah.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan salat berjamaah.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat berjamaah.
·
Secara
berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli,
ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah.
·
Mendiskusikan
dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah.
·
Berlatih
mempraktikkan salat berjamaah.
·
Mengolah
informasi mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah menjadi paparan yang
menarik.
·
Merumuskan prosedur praktik
salat berjamaah.
·
Menyajikan
paparan mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah.
·
Mendemonstrasikan
praktik salat berjamaah.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
|
1.9 Menunaikan salat Jum’at
sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah.
2.9 Menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai
implementasi pelaksanaan salat Jum’at.
3.9 Memahami ketentuan salat Jum’at.
4.9 Mempraktikkan
salat Jum’at.
|
· Ketentuan
Salat Jum’at
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat Jum’at.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai tata
cara salat Jum’at.
·
Membaca
dalil naqli mengenai salat Jum’at.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan salat Jum’at.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat Jum’at.
·
Secara
berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan
halangan salat Jum’at.
·
Mendiskusikan
dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat Jum’at.
·
Berlatih
mempraktikkan salat Jum’at.
·
Mengolah
informasi mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangansalat Jum’at menjadi paparan yang menarik.
·
Merumuskan prosedur praktik
salat Jum’at.
·
Menyajikan
paparan mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat Jum’at.
·
Mendemonstrasikan
praktik salat Jum’at.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
|
1.10 Menunaikan salat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai
implementasi pemahaman ketaatan beribadah.
2.10 Menunjukkan perilaku
disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar.
3.10 Memahami ketentuan salat jamak qasar.
4.10 Mempraktikkan
salat jamak dan qasar.
|
· Ketentuan Salat jamak qasar.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat jamak
qasar.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat jamak qasar.
·
Membaca
dalil naqli mengenai salat jamak
qasar.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan salat jamak qasar.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat jamak qasar.
·
Secara
berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli,
ketentuan, tata cara, dan hikmah salat jamak qasar.
·
Mendiskusikan
dalil naqli, ketentuan,
tata cara, dan hikmah jamak qasar.
·
Berlatih
mempraktikkan salat jamak qasar.
·
Mengolah
informasi mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, dan hikmahsalat jamak qasar
menjadi paparan yang menarik.
·
Merumuskan prosedur praktik
salat jamak qasar.
·
Menyajikan
paparan mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, dan hikmah salat jamak qasar.
·
Mendemonstrasikan
praktik salat jamak qasar.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
|
1.11Menghayati perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.
2.11Meneladani perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Makkah.
4.11 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi
Muhammad saw. periode Makkah.
|
Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode
Makkah
|
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Makkah.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai keadaan masyarakat Makkah sebelum datangnya nabi Muhammad
saw.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait kronologi diangkatnya nabi Muhammad saw. menjadi
rasul atau pertanyaan lain yang
relevan.
·
Mengumpulkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa kelahiran Nabi Muhammad saw.
·
Mengumpulkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad saw. diangkat menjadi rasul.
· Mengumpulkan data dan
fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad Saw. berdakwah
di Makkah.
· Mendiskusikan strategi
dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
·
Menghubungkan
antara waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam bentuk diagram
alur.
·
Merumuskan
strategi dakwah Nabi Muhammad saw periode Makkah.
·
Menyajikan
paparan diagram alur sejarah
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
·
Menyajikan
paparan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
·
Menanggapi
pertanyaan.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
1.12 Menghayati perjuangan Nabi
Muhammad saw. Periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt.
2.12 Meneladani perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah.
4.12 Menyajikan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
· Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah
|
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad
saw. periode Madinah.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai keadaan masyarakat Madinah sebelum datangnya nabi
Muhammad saw.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait hijrahnya Nabi Muhammad saw. dan para sahabat ke Madinah.
·
Mengumpulkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) terkait dengan hijrahnya
Nabi Muhammad saw. dan para sahabat ke Madinah.
·
Mengumpulkan
informasi mengenai hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar.
· Mengumpulkan informasi
mengenai hubungan antara kaum muslimin dengan warga non-muslim di Madinah.
· Mengumpulkan informasi
mengenai hubungan antara kaum muslimin dengan orang-orang kafir Makkah.
· Mengumpulkan data dan
fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) terkait dengan peristiwa fathu Makkah.
· Mendiskusikan strategi
dakwah Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
·
Menghubungkan
antara waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah mulai dari
peristiwa hijrah sampai fathu makkah dalam bentuk diagram alur.
·
Mengolah
informasi mengenai hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar, kaum
muslimin dengan warga non-muslim di Madinah, dan kaum muslimin dengan dengan
orang-orang kafir Makkah.
·
Merumuskan
strategi dakwah Nabi Muhammad saw.periode Madinah.
·
Menyajikan
paparan diagram alur mengenai sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah mulai dari peristiwa
hijrah sampai fathu makkah.
·
Menyajikan
informasi mengenai hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar, kaum
muslimin dengan warga non-muslim di Madinah, dan kaum muslimin dengan dengan
orang-orang kafir Makkah.
·
Memaparkan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.
periode Madinah.
·
Menanggapi
pertanyaan.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
1.13 Menghayati perjuangan
dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun
sebagai penerus perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah
Swt.
2.13Meneladani perilaku
terpuji al-Khulafa al-Rasyidun.
3.13 Memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa
al-Rasyidun.
4.13 Menyajikan strategi perjuangan dan kepribadian al-Khulafa
al-Rasyidun.
|
· Sikap terpuji
al-Khulafa al-Rasyidun
|
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai sikap terpujial-Khulafa al-Rasyidun.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai sikap yang dimiliki oleh al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait kronologi kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun atau pertanyaan lain
yang relevan.
·
Mengumpulkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) mengenai perkembangan
Islam pada masa kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Mengumpulkan
informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun.
· Mendiskusikan strategi
perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Menghubungkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) mengenai perkembangan
Islam pada masa kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk diagram alur.
·
Mengolah
informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk paparan.
·
Merumuskan
strategi perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Menyajikan
perkembangan Islam pada masa kepemimpinan Khulafaurrasyidin berupa diagram
alur yang memuat waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh.
·
Menyajikan
informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk paparan.
·
Memaparkan
strategi perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Menanggapi
pertanyaan.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah
akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.
2.1 Menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi Q.S. al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan
hadis terkait.
3.1 Memahami Q.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.
4.1.1 Membaca Q.S. al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dengan tartil.
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33.
4.1.3
Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
|
·
Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
serta hadis tentang
semangat menuntut ilmu.
|
·
Menyimak bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:
33.
·
Mencermati artiQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
serta hadis tentang semangat menuntut ilmu.
·
Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan
“Al” Qamariyah.
· Mengajukan pertanyaan
tentang pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau
pertanyaan lain yang relevan.
· Menanyakan cara
membaca dan menghafalkan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:
33.
· Mengajukan pertanyaan
mengenai hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah.
·
Diskusi menyusun arti kataQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
menjadi terjemah secara utuh.
·
Secara berpasangan membaca
dan menghafalkanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
· Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafaz yang mengandung hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah di dalam
mushaf al-Qur’ān.
· Berdiskusi tentang pentingnya semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari.
·
Merumuskan,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Mengklasifikasi lafaz yang
mengandung hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah yang terdapat pada Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:
33.
·
Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan
lafal yang mengandung bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
·
Membuat
paparan keterkaitan
semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan pesan yang terkandung
dalamQ.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Mujādilah/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Menunjukkan/memaparkan
hasil diskusi makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
· Menanggapi paparan
makna Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Menyajikan
keterkaitan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan
sehari-haridengan pesan yang terkandung dalamQ.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
·
Menyusun
kesimpulan maknaayat dengan bimbingan guru.
|
1.2 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah
mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
2.2 Menunjukkan perilaku
ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134, dan Hadis
terkait.
3.2 Memahami Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S.
Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan
pemaaf.
4.2.1 Membaca Q.S. an-Nisá/4:
146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan
tartil.
4.2.2 Menunjukkan
hafalan Q.S. an-Nisá/4:
146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan
lancar.
4.2.3 Menyajikan
keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf
dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S.
Áli Imrān/3: 134.
|
· Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dan Hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
|
·
Menyimak bacaanQ.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Mencermati arti Q.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Menyimak penjelasan tentang
hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun.
·
Mengajukan pertanyaan
tentang pentingnya belajar al-Qur’ān, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau
pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
·
Menanyakan cara membaca dan
menghafalkan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134.
·
Mengajukan pertanyaan
mengenai hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun.
·
Diskusi menyusun arti
perkata Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3:
134menjadi terjemah secara utuh.
·
Secara berpasangan membaca
dan menghafalkan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134.
·
Secara berkelompok mencari
dan mengumpulkan macam-macam hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun di
dalam mushaf al-Qur’ān.
·
Mengumpulkan informasi
mengenai ikhlas, sabar, dan pemaaf dari berbagai sumber.
·
Merumuskan, mengoreksi, dan
memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153,
dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Mengidentifikasi dan
mengklasifikasi hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Melakukan koreksi secara
berkelompok terhadap hasil pengumpulan contoh-contoh hukum bacaan nun sukun,
tanwin, dan mim sukun.
·
Membuat paparan
hubungan keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Menunjukkan / memaparkan
hasil diskusi maknaQ.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134.
·
Menanggapi paparan
maknaQ.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Menyajikan paparan hasil
pencarian hukum bacaan nun sukun, tanwin, dan mim sukun dalam Q.S. an-Nisá/4:
146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.
·
Menyajikan paparan mengenai hubungan keterkaitan
ikhlas, sabar, dan pemaaf
dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134.
·
Menyusun kesimpulan makna
ayat dengan bimbingan guru.
|
1.3Meyakini bahwa Allah Maha
Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.
2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan
kerja keras sebagai implementasi makna
al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
3.3 Memahami makna al-Asma‘u
al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang
yang meneladani al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
|
·
Al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim,
al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
|
·
Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Allah Swt.
·
Menyimak dan mencermati
penjelasan mengenai iman kepada Allah Swt.
·
Membaca dalil naqli tentang
iman kepada Allah Swt. beserta artinya.
·
Mengajukan pertanyaan
tentang iman kepada Allah Swt.
·
Mengajukan pertanyaan lain
yang relevan dan kontekstual tentang keimanan kepada Allah Swt.
·
Mencari dalil naqli yang
menjelaskan iman kepada Allah Swt.
·
Secara berkelompok
mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir.
·
Mendiskusikan makna
al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
·
Menghubungkan makna dalil
naqli tentang iman kepada Allah Swt. dengan konteks kehidupan sehari-hari.
·
Menghubungkan makna
al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan
contoh perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan paparan tentang
makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menanggapi pertanyaan dan
memperbaiki paparan tentang al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir,
as-Sami’, dan al-Bashir.
·
Menyusun kesimpulan.
|
1.4 Beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4Menunjukkan perilaku disiplin sebagai cerminan makna
iman kepada malaikat.
3.4Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan
dalil naqli.
4.4Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman
kepada malaikat Allah Swt.
|
· Iman kepada Malaikat Allah Swt.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada
malaikat Allah Swt.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai iman kepada malaikat Allah Swt.
·
Membaca
dalil naqli tentang iman kepada malaikat Allah Swt. beserta artinya.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang malaikat Allah, atau pertanyaan lain yang relevan.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai manfaat beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Mencari
dalil naqli yang menjelaskan iman kepada malaikat Allah Swt.
·
Secara
berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan
beriman kepada malaikat Allah Swt.
·
Mendiskusikan
makna beriman kepada malaikat Allah Swt.
·
Menghubungkan
tugas para malaikat dengan fenomena kehidupan sehari-hari.
·
Merumuskan
makna beriman kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan
paparan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada
malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan
paparan makna beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menanggapi
pertanyaan dan memperbaiki.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
1.5 Meyakini bahwa jujur,
amanah, dan istiqamah adalah perintah agama.
2.5 Menunjukkan perilaku
jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
3.5 Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan
istiqamah.
4.5 Menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan
istiqamah.
|
· Jujur, amanah, istiqamah sesuai
dengan Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfal
/8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur, amanah,
dan istiqamah.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai jujur, amanah, dan istiqamah.
·
Membaca
Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S.
al-Anfal /8: 27, Q.S. al-Ahqaf /46: 13 dan Hadis terkait dengan artinya.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang cara menumbuhkan jujur, amanah, dan istiqamah.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur, amanah, dan istiqamah, atau
pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
·
Secara
berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujur, amanah, dan istiqamah dalam
kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber.
·
Mendiskusikan
dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari
sikap jujur, amanah, dan istiqamah.
·
Merumuskan
makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8:
27, Q.S. al-Ahqāf /46: 13 dan hadis terkait.
·
Menghubungkan
dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh nyata dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Memaparkan
makna jujur, amanah, dan istiqamah sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42, Q.S. al-Anfāl /8: 27, Q.S. al-Ahqāf
/46: 13 dan hadis terkait.
·
Memaparkan
hubungan dalil naqli perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan contoh
nyata dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan
penerapan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah melalui demonstrasi,
sosiodrama, atau bentuk lainnya.
·
Menanggapi
pertanyaan dan memperbaiki paparan.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
1.6
Menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati
terhadap sesama adalah perintah agama.
2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan
sehari-hari.
3.6 Memahami makna hormat
dan patuh kepada kedua orang tua dan
guru, dan empati terhadap sesama.
4.6 Menyajikan makna hormat
dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama.
|
· Empati, terhadap sesama, hormat dan
patuh kepada kedua orang tua dan guru.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan empati, hormat
terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai empati,hormat terhadap orang tua dan guru
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang cara menumbuhkan sikap empati, hormat terhadap orang tua
dan guru.
· Mengajukan pertanyaan
mengenai manfaat sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru, atau
pertanyaan lain yang relevan.
·
Secara
berkelompok mencari contoh-contoh nyata sikap empati, hormat terhadap orang
tua dan guru di sekolah dan di masyarakat.
·
Mendiskusikan
dan mengelompokkan data dan informasi tentang manfaat yang diperoleh dari
sikap empati, hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
·
Merumuskan
makna empati, hormat terhadap orang tua dan guru.
·
Menghubungkan
dalil naqli tentang empati, hormat terhadap orang tua dan guru dengan
kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Memaparkan
makna empati, hormat terhadap orang tua dan guru.
·
Memaparkan
hubungan dalil naqli tentang empati, hormat terhadap orang tua dan guru
dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyajikan
penerapan perilaku empati, hormat kepada kedua orang tua dan guru melalui
demonstrasi, sosiodrama, atau bentuk lainnya.
·
Menanggapi
pertanyaan dan memperbaiki paparan.
· Menyusun kesimpulan.
|
1.7Menghayati ajaran bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
2.7Menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud
ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.
3.7Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar
berdasarkan ketentuan syari’at Islam.
4.7Menyajikan cara bersuci dari hadas besar.
|
· Ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
·
Membaca
dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai permasalahan yang terkait dengan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mengajukan
pertanyaan yang terkait dengan tata cara bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
·
Secara
berkelompok mencari data dan informasi untuk menjawab permasalahan yang
terkait dengan ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
·
Mendiskusikan
tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mengembangkan paparan
mengenai ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mendiskusikan
manfaat bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
·
Berlatih
mempraktikkan/ menerapkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Merumuskan
ketentuan dan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Merumuskan
manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Mendemonstrasikan
praktik bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar.
·
Menyajikan
paparan tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·
Memaparkan
rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
|
1.8 Menunaikan salat wajib
berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.
2.8 Menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan
salat berjamaah.
3.8 Memahami ketentuan salat berjamaah.
4.8 Mempraktikkan
salat berjamaah.
|
· Salat berjamaah
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat berjamaah.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat berjamaah.
·
Membaca
dalil naqli mengenaisalat berjamaah.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan salat berjamaah.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat berjamaah.
·
Secara
berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli,
ketentuan, tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah.
·
Mendiskusikan
dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah.
·
Berlatih
mempraktikkan salat berjamaah.
·
Mengolah
informasi mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah menjadi paparan yang
menarik.
·
Merumuskan prosedur praktik
salat berjamaah.
·
Menyajikan
paparan mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat berjamaah.
·
Mendemonstrasikan
praktik salat berjamaah.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
|
1.9 Menunaikan salat Jum’at
sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah.
2.9 Menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai
implementasi pelaksanaan salat Jum’at.
3.9 Memahami ketentuan salat Jum’at.
4.9 Mempraktikkan
salat Jum’at.
|
· Ketentuan
Salat Jum’at
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat Jum’at.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai tata
cara salat Jum’at.
·
Membaca
dalil naqli mengenai salat Jum’at.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan salat Jum’at.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat Jum’at.
·
Secara
berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli, ketentuan, tata cara, manfaat, dan
halangan salat Jum’at.
·
Mendiskusikan
dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat Jum’at.
·
Berlatih
mempraktikkan salat Jum’at.
·
Mengolah
informasi mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangansalat Jum’at menjadi paparan yang menarik.
·
Merumuskan prosedur praktik
salat Jum’at.
·
Menyajikan
paparan mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, manfaat, dan halangan salat Jum’at.
·
Mendemonstrasikan
praktik salat Jum’at.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
|
1.10 Menunaikan salat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai
implementasi pemahaman ketaatan beribadah.
2.10 Menunjukkan perilaku
disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar.
3.10 Memahami ketentuan salat jamak qasar.
4.10 Mempraktikkan
salat jamak dan qasar.
|
· Ketentuan Salat jamak qasar.
|
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan salat jamak
qasar.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai tata cara salat jamak qasar.
·
Membaca
dalil naqli mengenai salat jamak
qasar.
·
Mengajukan
pertanyaan tentang ketentuan salat jamak qasar.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan salat jamak qasar.
·
Secara
berkelompok mencari data dan informasi tentang dalil naqli,
ketentuan, tata cara, dan hikmah salat jamak qasar.
·
Mendiskusikan
dalil naqli, ketentuan,
tata cara, dan hikmah jamak qasar.
·
Berlatih
mempraktikkan salat jamak qasar.
·
Mengolah
informasi mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, dan hikmahsalat jamak qasar
menjadi paparan yang menarik.
·
Merumuskan prosedur praktik
salat jamak qasar.
·
Menyajikan
paparan mengenai dalil naqli, ketentuan,
tata cara, dan hikmah salat jamak qasar.
·
Mendemonstrasikan
praktik salat jamak qasar.
·
Menanggapi
pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan
kesimpulan.
|
1.11Menghayati perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.
2.11Meneladani perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Makkah.
4.11 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi
Muhammad saw. periode Makkah.
|
Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode
Makkah
|
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Makkah.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai keadaan masyarakat Makkah sebelum datangnya nabi Muhammad
saw.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait kronologi diangkatnya nabi Muhammad saw. menjadi
rasul atau pertanyaan lain yang
relevan.
·
Mengumpulkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa kelahiran Nabi Muhammad saw.
·
Mengumpulkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad saw. diangkat menjadi rasul.
· Mengumpulkan data dan
fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) pada masa Nabi Muhammad Saw. berdakwah
di Makkah.
· Mendiskusikan strategi
dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
·
Menghubungkan
antara waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam bentuk diagram
alur.
·
Merumuskan
strategi dakwah Nabi Muhammad saw periode Makkah.
·
Menyajikan
paparan diagram alur sejarah
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
·
Menyajikan
paparan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
·
Menanggapi
pertanyaan.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
1.12 Menghayati perjuangan Nabi
Muhammad saw. Periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt.
2.12 Meneladani perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah.
4.12 Menyajikan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
· Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah
|
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad
saw. periode Madinah.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai keadaan masyarakat Madinah sebelum datangnya nabi
Muhammad saw.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait hijrahnya Nabi Muhammad saw. dan para sahabat ke Madinah.
·
Mengumpulkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) terkait dengan hijrahnya
Nabi Muhammad saw. dan para sahabat ke Madinah.
·
Mengumpulkan
informasi mengenai hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar.
· Mengumpulkan informasi
mengenai hubungan antara kaum muslimin dengan warga non-muslim di Madinah.
· Mengumpulkan informasi
mengenai hubungan antara kaum muslimin dengan orang-orang kafir Makkah.
· Mengumpulkan data dan
fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) terkait dengan peristiwa fathu Makkah.
· Mendiskusikan strategi
dakwah Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
·
Menghubungkan
antara waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh, dalam sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah mulai dari
peristiwa hijrah sampai fathu makkah dalam bentuk diagram alur.
·
Mengolah
informasi mengenai hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar, kaum
muslimin dengan warga non-muslim di Madinah, dan kaum muslimin dengan dengan
orang-orang kafir Makkah.
·
Merumuskan
strategi dakwah Nabi Muhammad saw.periode Madinah.
·
Menyajikan
paparan diagram alur mengenai sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah mulai dari peristiwa
hijrah sampai fathu makkah.
·
Menyajikan
informasi mengenai hubungan antara sahabat Muhajirin dan Anshar, kaum
muslimin dengan warga non-muslim di Madinah, dan kaum muslimin dengan dengan
orang-orang kafir Makkah.
·
Memaparkan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.
periode Madinah.
·
Menanggapi
pertanyaan.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
1.13 Menghayati perjuangan
dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun
sebagai penerus perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah
Swt.
2.13Meneladani perilaku
terpuji al-Khulafa al-Rasyidun.
3.13 Memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa
al-Rasyidun.
4.13 Menyajikan strategi perjuangan dan kepribadian al-Khulafa
al-Rasyidun.
|
· Sikap terpuji
al-Khulafa al-Rasyidun
|
· Mengamati dan memberi
komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun.
· Menyimak dan membaca
penjelasan mengenai sikap terpujial-Khulafa al-Rasyidun.
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai sikap yang dimiliki oleh al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Mengajukan
pertanyaan terkait kronologi kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun atau pertanyaan lain
yang relevan.
·
Mengumpulkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) mengenai perkembangan
Islam pada masa kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Mengumpulkan
informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun.
· Mendiskusikan strategi
perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Menghubungkan
data dan fakta (waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh) mengenai perkembangan
Islam pada masa kepemimpinan al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk diagram alur.
·
Mengolah
informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk paparan.
·
Merumuskan
strategi perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Menyajikan
perkembangan Islam pada masa kepemimpinan Khulafaurrasyidin berupa diagram
alur yang memuat waktu, tempat, peristiwa, dan tokoh.
·
Menyajikan
informasi mengenai kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun dalam bentuk paparan.
·
Memaparkan
strategi perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun.
·
Menanggapi
pertanyaan.
·
Menyusun
kesimpulan.
|
KI.1
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI.2
|
Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI.3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,
seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata).
|
KI.4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori).
|
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan surah an-Nisa’/4:8 dan hadis
yang terkait.
|
1.1 Siswa dapat menjelaskan isi kandungan QS an
nisa’ 8 dan hadits terkait
1.2 Siswa dapat menjelaskan makna empati terhadap sesama
|
|
1.2
|
Mencotoh prilaku empati terhadap sesama
sesuai kandungan QS Annisa’ 8 dan hadits yang terkait
|
1. 1.2 Siswa dapat memberikan contoh empati pada
sesama
|
|
1.3
|
Menghargai perilaku empati terhadap
sesama sebagai implementasi dari surah an-Nisa’/4:8 dan hadis yang terkait
|
1.1.3Siswa dapat menampilkan prilaku empati kepada sesama
1.1.3
Siswa dapat membiasakan prilaku empati dalam kehidupan sehari
hari
|
1
|
1.4
|
Memahami makna hormat dengan patuh kepada orang tua dan guru
sesuai dengan surah al-Baqarah/2:83 dan
hadis yang terkait
|
1. 1.4Siswa dapat menjelaskan isi kandungan QS al
Baqoroh 83 dan hadits terkait
1.1.4Siswa dapat menjelaskan makna patuh kepada orang tua
1.1.4Siswa dapat menjelaskan makna hormat dan patuh kepada guru
|
2
|
1.2.
|
Mencohkan prilaku hormat kepada
orang tua dan guru sesuai dengan QS al Baqoroh 83 dan hadits terkait
|
1. Siswa dapat memberikan contoh prilaku hormat
kepada orang tua
2. Siswa dapat memberikan contoh prilaku hormat
kepada guru
|
3
|
1.3.
|
Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
sebagai implementasi dari surah al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait
|
1.
Siswa menampilkan prilaku hormat dan patuh kepada orang tua
2.
Siswa menampilkan prilaku hormat dan patuh kepada guru.
3.
Siswa membiasakan prilaku hormat dan patuh kepada orang tua
4.
Siswa dapat membiasakan prilaku hormat dan patuh kepada guru.
|
Demikian contoh silabus dan rpp pendidikan agama islam dan budi pekerti k13 yang bisa kami bagikan. Untuk filenya silahkan anda unduh dibawah. Semoga bermanfaat
- Silabus PAI Kls 07.docSIMPAN FILE
- rpp-bab-9.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-8.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-7.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-6.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-5.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-4.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-3.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-2.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-13.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-12.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-11.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-10.docxSIMPAN FILE
- rpp-bab-1.docxSIMPAN FILE
- PROTA KELAS VII.docxSIMPAN FILE
- PROSEM KELAS VII.docxSIMPAN FILE
- KD PAI Kelas 7.doc SIMPAN FILE
- KAPER KELAS VII.docx SIMPAN FILE
- Silabus PAI Kls 8.docx SIMPAN FILE
- RPP PAI 8.9.docx SIMPAN FILE
- RPP PAI 8.8.docx SIMPAN FILE
- RPP PAI 8.7.docx SIMPAN FILE
- RPP PAI 8.6.docxSIMPAN FILE
- RPP PAI 8.5.docxSIMPAN FILE
- RPP PAI 8.4.docxSIMPAN FILE
- RPP PAI 8.3.docxSIMPAN FILE
- RPP PAI 8.2.docxSIMPAN FILE
- RPP PAI 8.10.docxSIMPAN FILE
- RPP PAI 8.1.docxSIMPAN FILE
- PROTA KELAS VIII.docxSIMPAN FILE
- PROSEM KELAS VIII.docxSIMPAN FILE
- KD PAI Kelas 8.docSIMPAN FILE
- KAPER KELAS VIII.docxSIMPAN FILE
Post a Comment for "Silabus & rpp pai smp kurikulum 2013 revisi 2017 Kelas 7, 8, 9 (hots, PPK, Literasi & 4c)"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.