Rpp Kurikulum 2013 sd kelas 1 Revisi 2017 (Hots, PPK, Literasi)
Apakah Pembaca mencari Rpp k13 kelas 1 revisi 2017 lengkap semua tema semester 1 & 2 Tahun pelajaran 2017/2018 lengkap tema 1, 2 dan 3 ? Jika demikian bapak dan ibu guru bisa mendapatkannya dengan cara klik simpan file.
Adapun rpp k13 revisi 2017 kelas 1 ini sudah memunculkan 4 (empat) poin penting yakni Literasi, PPK, dan Hots dan 4c. Artinya sudah sesuai dengan petunjuk dari kemdikbud dalam penyusunan RPP.
Untuk lebih jelasnya, dibawah ini anda bisa mengambil file rpp kelas 1 dalam format Doc, sehinggal tinggal mengeditnya. Cara download sangat mudah, anda hanya perlu mengklik tombol Ambil RPP. Semoga bermanfaat
Bagi guru yang ingin mengcopas contoh rpp kelas 1 SD kurikulum 2013 revisi 2017, berikut kami tampilkan secara lengkap. Semoga bermanfaat
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2.2.1
Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1 Menggali
informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.1 Mempraktekan
hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Menjelaskan
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
|
3.2.1
Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10
|
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
|
4.2.1 Menuliskann
bilangan (1 sampai dengan 10) sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek
yang diberikan
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3 Menguraikan
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah
|
3.3.1
Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang
terkait dengan tubuhku
|
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
4.3.1
Menggunakan huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dalam
kalimat yang terkait dengan dengan tubuhku
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Guru mengajak anak bernyanyi lagu “a-b-c” agar
anak mengingat kembali susunan huruf a-z.
2. Guru lalu memperlihatkan sebuah kertas/karton
berukuran besar. Kertas/karton itu bertuliskan kata-kata tentang anggota
tubuh. (lihat buku siswa di halaman 68).
3. Guru akan membacakan kata-kata yang tertulis di
kertas/karton tersebut. Minta siswa menirukan ucapan guru.
4. Guru membaca kata-kata di kertas/karton sambil
menunjuk kata yang dimaksud. Guru juga membaca kata yang dimaksud dengan cara
mengeja huruf penyusun kata, per suku kata lalu per huruf. Siswa
menirukannya.
5. Guru mengulangi membaca nyaring ini sebanyak 3
kali. Guru lalu meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas.
6. Setelah itu guru mengganti kertas/karton kata
dengan kartu bilangan beserta namanya.
7. Kembali guru dan siswa membaca bersama-sama
nama bilangan sesuai dengan lambangnya.
8. Siswa lalu berlatih menuliskan lambang bilangan
sesuai dengan namanya. Jika siswa mengalami kesulitan untuk membaca nama
bilangan, bisa melihat kartu lambang bilangan dan namanya yang ditempel di
papan tulis. Siswa bisa mengidentifikasi huruf-huruf penyusun nama bilangan
yang ada di soal dan mencocokkannya dengan nama bilangan yang ditempel di
papan tulis. Siswa lalu menuliskan lambang bilangannya. (lihat buku siswa di
halaman 69)
9. Siswa juga berlatih menuliskan lambang bilangan
sesaui dengan banyaknya anggota tubuh. (lihat buku siswa di halaman 70)
10. Setelah belajar di dalam kelas, guru mengajak
siswa untuk beraktifitas di luar kelas.
11. Siswa bersama-sama akan melakukan kegiatan
olahraga. Guru menyampaikan informasi mengenai pentingnya berolahraga untuk
menjaga kesehatan tubuh.
12. Siswa melakukan pemanasan dengan berjalan
keliling lapangan sekolah. Lalu siswa berkumpul di tengah lapangan dan
membentuk barisan. Siswa menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, kaki dan
tangan agar otot tubuh tidak kaku. Gerakan tubuh saat pemanasan menirukan
gerakan guru.
13. Setelah pemanasan, siswa diminta memilih
pasangan. Perempuan dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki. Setiap
pasangan diminta bergandengan tangan. Semua pasangan berdiri berjajar di satu
sisi lapangan.
14. Guru memberikan aba-aba dengan meniup peluit.
Saat aba-aba terdengar, siswa berlari lurus menuju sisi lapangan yang lain
bersama pasangannya dan kembali lagi ke sisi lapangan semula.
15. Siswa melakukan pendinginan. Siswa beristirahat
sambil duduk meluruskan kaki dan minum.
|
140
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
2.
Guru
menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
3.
Menyanyikan
lagu daerah.
4.
Salam dan
do’a penutup
|
15
menit
|
No
|
Tanggal
|
Nama Peserta didik
|
Catatan perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
Melakukan
sholat Berjamaah
|
Taat
Beribadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Tanggal
|
Nama Peserta didik
|
Catatan perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
Membantu
Teman Yang Sedang Mendapat Musibah
|
Peduli
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Tes tertulis tentang bagian-bagian tubuh yang boleh
dan disentuh orang lain.

- Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema
1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Software Pengajaran
kelas 1 SD/MI dari JGC.
- Gambar dari Google.com
- Video dari youtobe.com.
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Aku dan Teman Baru -(SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Aku dan Teman Baru -(SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Aku dan Teman Baru -(SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Aku dan Teman Baru -(SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Aku dan Teman Baru -(SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Tubuhku - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Tubuhku - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Tubuhku - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Tubuhku - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5 Tubuhku - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Tubuhku - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari 1 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari 2 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari 3 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari 4 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari 5 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari 6 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan siang Hari 1 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan siang Hari 2 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan siang Hari 3 -(SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan siang Hari 4 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan siang Hari 5- (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan siang Hari 6 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan sore Hari 1 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan sore Hari 2 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan sore Hari 3 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan sore Hari 4 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan sore Hari 5 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan sore Hari 6 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan malam Hari 1 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan malam Hari 2 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan malam Hari 3 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan malam Hari 4 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan malam Hari 5 - (SIMPAN RPP DOC)
- RPP KELas 1 Tema 1 Subtema 1 Kegiatan malam Hari 6 - (SIMPAN RPP DOC)
Post a Comment for "Rpp Kurikulum 2013 sd kelas 1 Revisi 2017 (Hots, PPK, Literasi)"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.