rpp kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 & 2 (PPK, Literasi, Hots, 4c) Semua tema
Beberapa Tema dan subtema pada rpp kelas 5 K13 revisi 2017 adalah organ gerak hewan dan manusia, makanan sehat, juga udara bersih bagi kesehatan. Selain itu, yang terpenting pada rencana pelaksanaan pembelajaran kurtilas yang sudah di revisi haruslah ter integrasi atau memunculkan 4 (empat) point penting yakni PPK, Literasi, Hots, 4c)
Untuk mempermudah para guru sd kelas V, pada postingan kali ini, admin akan mencoba berbagi kumpulan rpp k13 revisi 2017 yang bisa anda gunakan untuk mengajar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.
Contoh rpp kurikulum 2013 kelas 5 yang telah di revisi dapat bapak dan ibu guru lihat tampilannya secara lengkap dibawah ini
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis.
|
3.1.1. Menunjukkan pokok pikiran pada
sebuah paragaraf
|
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
|
4.1.1 identifikasi pokok pikiran yang terdapat dalam
sebuah teks.
4.1.2 Menunjukkan pokok pikiran dari sebuah
percakapan.
|
|
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
3.1
|
Memahami gambar cerita.
|
3.1.1
Menceritakan ulang cerita yang
terdapat pada gambar
3.1.2 Menyusun cerita berdasarkan
gambar.
|
|
4.1
|
Membuat gambar cerita.
|
4.1.1 Menentukan ide
pokok sebuah
gambar
4.1.1 Membuat sebuah
cerita dari gambar.
|
|
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
3.1
|
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 Menghafal
alat gerak dan fungsinya
pada hewan dan manusia.
3.1.2
Menjelaskan cara memelihara
kesehatan alat gerak manusia
3.1.3
Menyebutkan hewan yang termasuk
hewan vertebrata dan hewan yang
termasuk arvebrata.
|
|
4.1
|
Membuat model
sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
4.1.1 Menciptakan
model alat gerak dari
kawat
|
- Dengan mengamati gambar,
siswa dapat menyusun cerita secara benar.
- Dengan membaca, siswa
dapat menemukan ide pokok masing-masing paragraf secara percaya diri.
- Dengan membandingkan,
siswa dapat menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata
secara tepat.
- Gambar yang di dalamnya
menunjukan adanya motivasi
- Bacaan tentang hewan
vertebrata dan avertebrata.
- Gambar tentang organ gerak
hewan.
- Teks bacaan tentang kupu-kupu
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
|
Inti
|
A.
Ayo Berkreasi
Hasil yang diharapkan
-
Siswa termotivasi untuk belajar lebih
jauh.
-
Keterampilan mengamati gambar.
-
Menggali
informasi dari gambar.
-
Menuangkan atau menyajikan informasi
yang didapat melalui pengamatan gambar ke dalam bentuk cerita atau bacaan.
B.
Ayo Membaca
Alternatif jawaban
1.
Paragraf 1 : Kupu-kupu adalah hewan yang
lucu.
2. Paragraf 2 : Kupu-kupu termasuk hewan serangga.
3. Paragraf 3 : Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya
transparan?
4. Paragraf 4 : Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang
luar biasa.
Hasil
yang diharapkan
-
Memiliki
kecermatan dan keterampilan mengolah informasi yang terdapat pada bacaan.
-
Menentukan ide pokok dari bacaan.
-
Tekun, cermat, dan komunikatif.
C. Ayo Mengamati
Alternatif Pembelajaran
-
Alternatif
1: Guru memfasilitasi dengan menyediakan alat peraga berupa patung organ
gerak, gambar, atau video.
-
Alternatif
2: Ajaklah siswa keluar kelas untuk mencari inspirasi dengan mengamati hewan-hewan
yang ada di sekitar.
-
Berilah
keleluasaan siswa untuk menjadikan alam sekitar sebagai bahan belajar dan
sumber inspirasi mengenai organ gerak hewan
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
dapat menyebutkan organ gerak hewan
-
Siswa
dapat membandingkan organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.
D. Ayo Berkreasi
·
Setelah
membandingkan antara hewan vertebrata dengan avertebrata, siswa membuat model
sederhana salah satu hewan yang termasuk vertebrata dan salah satu hewan yang
termasuk avertebrata. Model sederhana ini dibuat dengan bahan kawat.
·
Untuk
memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas,
misalnya di halaman, ruang kesenian, atau aula.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
dapat membandingkan organ gerak hewan vertebrata dengan hewan avertebrata.
-
Siswa
memiliki ketrampilan dan kreativitas dalam membuat model sederhana.
E. Ayo Renungkan
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
menindaklanjuti semua kompetensi yang sudah dipelajari dengan menerapkannya
dalam kehidupan sehari-harinya.
F. Kerja Sama dengan Orang Tua
-
Siswa
diminta untuk mengajak orang tua dan anggota keluarga lainnya untuk
menyayangi hewan.untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat
bekerja sama dengan orang tuanya.
Hasil
yang diharapkan
-
Menyayangi
hewan
-
Adanya
kerja sama yan baik dengan orang tua.
|
140 menit
|
|
|
||
|
Penutup
|
1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
- Buku bacaan
sistem organ gerak manusia,
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema
1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2014).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk
kelas 5 semester 1 dari JGC/SCi Media
- Buku, buku gambar,
gambar, peralatan membuat model sederhana.
pertama berikut adalah rpp kelas k13 revisi 2017 tema 1
-
SIMPAN RPP PEMBELAJARAN 1
- SIMPAN RPP PEMBELAJARAN 2
- SIMPAN RPP PEMBELAJARAN 3
- SIMPAN RPP PEMBELAJARAN 4
- SIMPAN RPP PEMBELAJARAN 5
- SIMPAN RPP PEMBELAJARAN 6

Post a Comment for "rpp kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 & 2 (PPK, Literasi, Hots, 4c) Semua tema"
saya minta maaf ! Komentar yang tidak relevan dengan konten tidak akan saya terbitkan. Jika Mengcopas Artikel Blog Ini, Mohon Untuk Menampilkan Link Sumber.